Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ukraina dan Rusia bertempur dari langit sementara bantuan UE ke Kiev tidak seimbang |  Berita tentang perang Rusia-Ukraina

Ukraina dan Rusia bertempur dari langit sementara bantuan UE ke Kiev tidak seimbang | Berita tentang perang Rusia-Ukraina

Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak penting pada hari Kamis yang akan didominasi oleh upaya kedua untuk meloloskan amandemen anggaran blok tersebut sebesar 50 miliar euro ($54 miliar) yang akan membantu membiayai Ukraina selama empat tahun ke depan.

Hongaria menolak amandemen ini pada pertemuan puncak reguler yang diadakan Desember lalu, selain bantuan militer sebesar 20 miliar euro ($22 miliar) ke Ukraina untuk tahun 2024.

Komisi Eropa, cabang eksekutif UE, dilaporkan berharap dapat membujuk Hongaria untuk bergabung dengan memberikan kesempatan kepada Perdana Menteri Viktor Orbán untuk memblokir dukungan yang akan dilanjutkan tahun depan, ketika UE akan menilai kembali apakah Ukraina masih memenuhi persyaratan untuk menerima bantuan. uang.

Tenor rekonsiliasi berubah pada hari Minggu, ketika Financial Times melaporkan bahwa UE juga mempunyai rencana untuk menyabotase perekonomian Hongaria jika mereka menolak untuk bekerja sama.

Rincian rencana tersebut dirahasiakan, namun Uni Eropa mempunyai pengaruh.

Pasar dalam negerinya membeli hampir 90% ekspor Hongaria, dan Uni Eropa menahan 30 miliar euro ($32 miliar) bantuan kepada Hongaria, yang mana mereka berjanji akan mengeluarkan 10 miliar euro ($11 miliar) pada bulan Desember lalu sebagai imbalan atas penarikan Orban dari Hongaria. Uni Eropa. Ruangan tempat 26 kepala pemerintahan yang tersisa melakukan pemungutan suara untuk memberikan status kandidat resmi UE kepada Ukraina dan Moldova.

(Al Jazeera)

Direktur politik Orban mengatakan Hongaria siap mempertimbangkan kerja sama pada hari Senin, dan Orban dilaporkan mengkonfirmasi hal ini dalam komentarnya kepada surat kabar Le Point pada hari Selasa. Namun para pejabat Uni Eropa mengatakan perjanjian tersebut masih belum pasti.

Sementara itu, paket bantuan AS senilai $60 miliar untuk Ukraina masih terhenti di Senat AS, dengan Partai Republik yang setia kepada calon presiden Donald Trump dilaporkan bersikeras untuk mencapai kesepakatan dengan pemerintahan Presiden Joe Biden mengenai keamanan perbatasan dengan Meksiko.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan blok tersebut hampir menyetujui pendanaan darurat senilai 5 miliar euro ($5,4 miliar) dari Fasilitas Perdamaian Eropa. “Saatnya belum tepat untuk melemahkan dukungan kami terhadap Ukraina,” kata Borrell. “Sebaliknya, kami perlu berbuat lebih banyak dan lebih cepat dengan sumber daya keuangan, peralatan militer, dan pelatihan tentara.”

READ  Covid-19 mencapai ketinggian baru: Setelah Gunung Everest, virus menyebar ke puncak lainnya

Uni Eropa membentuk EPF pada tahun 2021 untuk membantu mendanai operasi militer global.

Bantuan UE sangat penting bagi Ukraina, yang menghadapi anggaran sebesar $43 miliar Ketidakmampuan Tahun ini, mereka memperkirakan akan mencakup $41 miliar bantuan internasional.

Perang di udara

Ukraina mengatakan bahwa serangan musim dingin Rusia untuk mendapatkan kembali wilayah yang hilang di Kharkiv dan Luhansk, dan kendali penuh atas Donetsk, terus berlanjut. Namun sebagian besar operasi dilakukan melalui udara, dan beberapa berfokus pada Jalur Kontak sebagai bagian dari upaya Rusia untuk mengganggu pertahanan Ukraina.

Dalam penampilan yang jarang terjadi saat melakukan tur industri pertahanan, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan dia berharap untuk meningkatkan produksi rudal pertahanan udara yang digunakan untuk mencegat drone, rudal, dan pesawat terbang.

Dia mengatakan bahwa produksi rudal pertahanan udara telah meningkat dua kali lipat selama perang Ukraina, tapi itu belum cukup.

“Ada beberapa masalah besar yang perlu kita atasi… Ada masalah mesin, ada masalah membangun produksi peluncur,” kata Shoigu di kota Yekaterinburg di wilayah Ural.

Interaktif - Siapa yang mengendalikan apa di Ukraina timur Versi-1706694110
(Al Jazeera)

Komentar Shoigu muncul saat Ukraina tampaknya kembali mencetak gol ke gawang Rusia.

Rekaman geolokasi menunjukkan kebakaran di kilang minyak Rosneft di Tuapse, di pantai timur Laut Hitam, pada 24 Januari. Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Penduduk setempat melaporkan beberapa ledakan, dan rekaman video menunjukkan drone beroperasi di daerah tersebut.

Dinas Keamanan Ukraina sedang mengembangkan drone permukaan dan udara jarak jauh, dan telah berhasil menggunakannya untuk menyerang armada Rusia di Laut Hitam dan sasaran di Semenanjung Krimea. Tahun ini fokusnya pada infrastruktur energi. Pada tanggal 21 Januari, pabrik pengolahan kondensat gas Novatek dekat St. Petersburg diserang.

READ  Video: Pengantin Irak sedang menari, lalu kebakaran terjadi di aula dalam hitungan detik

Pihak berwenang Rusia mengatakan mereka menembak jatuh 21 drone Ukraina yang diluncurkan terhadap Krimea pada 30 Januari.

Rusia juga melanjutkan gelombang serangan rudal dan drone terhadap Ukraina, yang semakin intensif sejak 29 Desember. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia meluncurkan 330 rudal dan 600 drone tahun ini.

Pada 25 Januari, Ukraina menembak jatuh 10 dari 14 drone Shahed yang diluncurkan Rusia. Empat rudal S-300 berhasil ditembus. Tiga hari kemudian, Ukraina menembak jatuh empat dari delapan drone Shahed yang diluncurkan Rusia dan sebuah rudal jelajah Kh-59. Dua rudal Iskander dan tiga rudal S-300 mampu menembus.

Ukraina mengatakan pihaknya menembak jatuh delapan pesawat Shahed yang diluncurkan keesokan harinya, namun enam rudal S-300 mampu menembusnya. Serangan terbesar terjadi pada 30 Januari, ketika Ukraina menembak jatuh 15 dari 35 drone serta dua rudal S-300.

Perang dunia maya

Intelijen militer Ukraina mengatakan mereka telah mencapai kemenangan besar di dunia maya di Timur Jauh Rusia. Serangan siber yang diluncurkan di Pusat Penelitian Ilmiah Hidrometeorologi Astronautika “Planet” Rusia cabang Timur Jauh menyebabkan kehancuran 280 server pusat tersebut.

Ukraina memperkirakan bahwa mereka telah menghancurkan “penelitian unik yang dikembangkan selama bertahun-tahun” senilai 2 petabyte.

Intelijen Militer Ukraina (GUR) mengatakan pusat tersebut menerima data satelit dan memberikan informasi kepada setidaknya 50 lembaga pemerintah Rusia, termasuk Kementerian Pertahanan (MoD), yang kemudian meneruskannya ke kontraktor pertahanan.

Interaktif - Siapa yang menguasai Ukraina selatan - 1706694115
(Al Jazeera)

“Puluhan perusahaan strategis Federasi Rusia, yang beroperasi untuk ‘pertahanan’ dan memainkan peran penting dalam mendukung pasukan pendudukan Rusia, akan tetap tanpa informasi dan layanan penting untuk waktu yang lama,” kata Gore.

GUR memperkirakan hal itu menyebabkan kerusakan struktural senilai $10 juta melalui hilangnya server dan perangkat lunak, yang tidak dapat diganti berdasarkan sanksi. Rusia telah terbukti sangat mahir dalam menghindari sanksi sejauh ini.

Bloomberg News mengutip data rahasia layanan bea cukai Rusia yang menunjukkan bahwa Rusia mengimpor microchip Amerika dan Eropa senilai $1 miliar tahun lalu meskipun ada sanksi – turun dari $2,5 miliar pada tahun 2022 tetapi masih signifikan.

READ  Ledakan jendela Alaska Airlines: iPhone penumpang ditemukan dalam kondisi sempurna setelah jatuh dari ketinggian 16.000 kaki

Perang informasi

Rusia telah aktif di bidang informasi.

Rekaman geolokasi yang diposting pada 24 Januari menunjukkan sebuah pesawat angkut Ilyushin 76 Rusia jatuh di Belgorod, wilayah Rusia di perbatasan dengan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Ukraina menembak jatuh pesawat tersebut menggunakan dua rudal pertahanan udara yang terdeteksi radar Rusia, menewaskan enam awak pesawat, tiga personel militer, dan 65 tawanan perang Ukraina yang dijadwalkan untuk ditukar.

“Kepemimpinan Ukraina tahu betul bahwa, sesuai dengan praktik yang ada, hari ini personel militer Ukraina akan diangkut dengan pesawat angkut militer ke bandara Belgorod untuk ditukar,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai sebelumnya, acara ini dijadwalkan berlangsung pada sore hari di pos pemeriksaan Kolotilovka di perbatasan Rusia-Ukraina.

Interaktif untuk Pengungsi di Ukraina-1706694104
(Al Jazeera)

Moskow mengatakan Ukraina menembak jatuh pesawat itu “untuk mencapai tujuan menyalahkan Rusia atas kehancuran tentara Ukraina.”

Presiden Rusia Vladimir Putin mengulangi tuduhan tersebut dua hari kemudian.

Intelijen militer Ukraina mengkonfirmasi bahwa telah terjadi pertukaran tahanan dan mengatakan pihaknya sedang menyelidiki penyebab insiden tersebut.

Rusia mungkin mempunyai motif untuk melancarkan kampanye media yang menuduh Ukraina melakukan praktik “terorisme”.

Pengadilan tinggi PBB, Mahkamah Internasional, pada hari Jumat akan mengeluarkan keputusannya mengenai apakah Rusia melanggar hukum internasional dengan menginvasi Ukraina.

Ukraina membawa kasus ini ke Mahkamah Internasional beberapa hari setelah invasi pada Februari 2022, dengan alasan bahwa Rusia telah melanggar hukum internasional melalui klaim palsunya mengenai genosida terhadap etnis Rusia yang sebagian besar tinggal di Ukraina. Rusia mencoba membatalkan kasus tersebut tetapi tidak berhasil.

Jika ICJ memutuskan melawan Rusia, maka ini akan menjadi hukuman tingkat tinggi kedua bagi ICJ setelah hukuman terhadap Putin pada Maret tahun lalu karena bertanggung jawab secara pribadi dalam mengorganisir penculikan anak-anak Ukraina.