Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Vaksin Pan-Covid Taliban di Provinsi Paktia, Afghanistan Timur, Laporan Klaim

Taliban telah mengeluarkan perintah pelarangan vaksin terhadap COVID-19 di Paktia, Afghanistan timur. Menurut saluran radio dan TV yang berbasis di Afghanistan, Shamshad News, Taliban telah mengeluarkan pemberitahuan terhadap penggunaan vaksin di daerah yang direbut pekan lalu. Diduga pemberontak memindahkan Nishan Sahib dari Gurudwara di distrik itu ketika mereka mengambil alih.

Sementara itu, sebuah video Facebook menunjukkan para pemimpin Taliban merayakan kemenangan mereka di kediaman panglima perang Afghanistan Marsekal Abdul Rashid Dostum di Sheberghan, Jawzjan setelah merebut ibu kota provinsi di utara negara itu pekan lalu. Dalam video tersebut, para pemimpin Taliban terlihat merayakan di aula besar milik Dostum.

Taliban yang terus menyerang mereka di seluruh provinsi di Afganistan Dan kurang dari 80 kilometer dari Kabul, Komite Negosiasi Perdamaian sedang menyusun rencana baru yang akan melihat penggulingan total pemerintahan Presiden Ashraf Ghani.

Dan sumber tingkat tinggi mengatakan kepada CNN-News18 bahwa formula baru sedang dipersiapkan untuk gencatan senjata segera di Afghanistan. Dalam formula perdamaian ini, pemerintah Ghani harus mundur.

Pemerintah sementara akan dibentuk dengan Taliban, panglima perang dan beberapa perwakilan saat ini. Mereka menambahkan bahwa formula ini tidak akan dibagikan dengan semua pihak terkait sampai setelah pertimbangan yang diperlukan.

Karena masih dalam tahap awal, rencana tersebut belum dibagikan dengan salah satu pemangku kepentingan – baik Taliban maupun pemerintah Afghanistan.

Pemerintah sekarang secara efektif kehilangan kendali atas sebagian besar negara, setelah serangan delapan hari di pusat kota oleh Taliban juga mengejutkan pendukung Amerika di Kabul.

Gelombang pertama serangan dimulai pada awal Mei setelah Amerika Serikat dan sekutunya menarik pasukan mereka dari Afghanistan, dengan Presiden Joe Biden berniat mengakhiri perang dua dekade pada 9/11.

Baca semua file berita terbaruDan berita terbaru Dan Berita virus corona disini

READ  Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken Mengatakan China Berperilaku Lebih Agresif di Luar Negeri: Laporan