SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

10 Timbangan Bagasi Bandara Disegel

  • Reporter:
  • Rabu, 26 Juni 2019 | 10:41
  • Dibaca : 604 kali
10 Timbangan Bagasi Bandara Disegel
Tim Disperindag Batam dan petugas PPNS memeriksa timbangan bagasi penumpang di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (25/6). Hasil pemeriksaan, ada 10 timbangan bagasi penumpang disegel.

NONGSA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menyegel 10 timbangan bagasi penumpang di konter check-in Bandara Hang Nadim, Selasa (25/6). Penyegelan dilakukan lantaran dapat merugikan penumpang karena timbangan dinilai tak akurat.

Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau mengatakan, penyegelan ini dilakukan karena tim menemukan timbangan-timbangan tersebut kawat segel mesinnya dalam keadaan terputus. Timbangan juga yang belum ditera ulang dan dinilai dapat merugikan penumpang, apalagi semenjak penerapan bagasi berbayar, sehingga penumpang berhak mendapatkan informasi akurat terkait berat barang bawaannya.

“Di dalam segel itu, ada semacam nomor-nomor yang bisa mempengaruhi setelan timbangan,” ujarnya.

Kata Gustian, selain menjamin kenyaman penumpang, penyegelan dilakukan untuk alasan keselamatan penumpang yang menggunakan moda trasportasi udara di Bandara Hang Nadim. Hal ini dikarenakan ketidaksesuaian berat timbangan saat ditimbang dengan berat saat barang masuk ke pesawat.

“Kegiatan hari ini (kemarin) lanjutan dari 25 Maret lalu. Kami turun awalnya ada laporan dari masyarakat yang ketika menimbang barang di rumah berbeda saat ditimbang di sana (bandara),” katanya.

Ia menilai seharusnya semua pihak dapat melaksanakan aturan yang ada. Seperti memastikan segel tidak rusak hingga melakukan tera ulang alat timbangan dengan berkoordinasi dengan Disperindag Batam. “Semua timbangan harus ditera ulang,” tegasnya.

Sejatinya temuan awal pada Maret lalu hanya sembilan timbangan yang segelnya terbuka, namun dalam kegiatan lanjutan didapati satu timbangan lagi. Artinya temuannya ada 10 timbangan yang terbuka segelnya. 10 timbangan ini kemudian disegel oleh Disperindag Batam.

“Dari jumlah temuan itu, ada empat yang diganti baru oleh mereka, tapi belum ditera malah sudah dipakai melayani konsumen. Harusnya ditera dulu, ini terkait perlindungan konsumen, akurat atau tidak,” kata Gustian.

Menurut dia, pada saat penyegelan turun ke lokasi tim dipimpin Kepala Bidang Tertib Niaga Disperindag Batam, Pominsani didampingi Kepala Seksi Pengawasan Metrologi dan Perlindungan Konsumen, Ahmad Yani. Total ada sembilan petugas termasuk Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

“Pada prinsipnya 10 disegel, tapi secara fisik enam yang disegel. Empat kami buka sementara demi kelancaran layanan penumpang,” kata Kepala Bidang Tertib Niaga Disperindag Batam, Pominsani.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso mengatakan, pemeriksaan timbangan bagasi penumpang yang beroperasi di bandara dilakukan secara rutin. Jadwal pemeriksaan bagasi penumpang dijadwalkan sebelum Ramadan, namun karena masuk Ramadan jadwal pemeriksaan timbangan bagasi penumpang ditunda terlebih dahulu.

“Kemarin mau masuk Lebaran jadi kami tunda dulu, sekarang baru kami mulai, kebetulan kemarin Disperindag datang tanpa pemberitahuan,” ujarnya

Ia menjelaskan, sembilan unit timbangan bagasi penumpang dilakukan perbaikan secara bertahap, karena anggaran untuk perbaikan juga turun secara bertahap. Usai memperbaiki sembilan unit timbangan tersebut barulah pihaknya akan mensurati Disperindag untuk dilakukan kalibrasi terhadap mesin-mesin timbangan tersebut.

“Empat unit sudah kami ganti yang baru, kan gak mungkin cuma empat itu saja yang ditera. Rencana kami kalau seluruh mesin diperbaiki baru kami menyurati Disperindag untuk ditera dan diberi kawat segel mesinnya,” kata Suwarso.

Namun Suwarso tak menampik kawat segel mesin itu diputus, karena untuk memperbaiki mesin timbangan kawat segel mesin harus diputuskan agar memudahkan teknisi memperbaiki mesin timbangan bagasi penumpang. Kata dia, selama proses perbaikan masing-masing timbangan tetap dioperasikan seperti biasa.

“Bukan terputus, tapi memang sengaja diputuskan supaya bisa diperbaiki, selama di bandara mesin-mesin timbangan yang sedang di-maintenance harus tetap beroperasi,” katanya.

Suwarso menjamin timbangan bagasi penumpang yang beroperasi dipastikan akurasi timbangan akurat, pihaknya menargetkan perbaikan mesin-mesin timbangan bagasi penumpang akan selesai pada pekan ini.

“Akurasi timbangan dijamin akurat, karena setiap hari dicek terus, dan pekan ini kalau sudah clear kami akan meminta ditera ulang, tapi belum selesai teman-teman Disperindag Batam sudah datang duluan,” kata Suwarso. agung dedi lazuardi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com