SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

137 Ton Barang Tangkapan BC Dimusnahkan

137 Ton Barang Tangkapan BC Dimusnahkan
137 Ton Barang Tangkapan BC Dimusnahkan

NONGSA – Bea dan Cukai KPU BC Tipe B Batam memusnahkan barang tangkapan senilai Rp1,2 miliar. Barang berbagai jenis dengan berat 137 ton itu dimusnahkan di PT Desa Air Cargo, Kabil Nongsa, pada Rabu (9/5/2018).

Kepala Bea dan Cukai KPU BC Tipe B Batam Susila Brata merinci adapun barang selundupan yang dimusnahkan terdiri dari rokok kawasan bebas berbagai macam merek, minuman mengandung etil alkohol (kaleng dan botol) berbagai macam merek, balpres, bawang merah dan bawang putih dalam kondisi rusak, beras, gula dalam kondisi rusak, dan barang perabotan rumah tangga lainnya.

Barang-barang tersebut dimusnahkan dengan cara dihancurkan dengan mesin press dan dibakar menggunakan mesin ingenerator. “Kerugian negara hingga mencapai Rp1,2 miliar lebih,” kata Susila.

Dia menjelaskan barang bukti 137 ton barang ilegal milik negara yang dimusnahkan itu merupakan hasil dari penindakan dan penegahan BC dari tahun 2016. Pemusnahan ini dilakukan karena ini juga sudah mulai memasuki bulan Ramadan.

Untuk bahan pangan seperti beras, gula, bawang putih dan bawang merah, dimusnahkan karena sudah tidak layak lagi untuk dilelang, dan keadaan barang sudah dalam kondisi rusak. Sementara untuk minuman beralkohol balpres, dan barang-barang perabotan rumah tangga, merupakan barang ilegal dari luar negeri masuk ke Indonesia, khususnya Kota Batam tanpa melalui jalur pelabuhan resmi dan tanpa dokumen yang lengkap.

“Rata-rata hasil penindakan di laut. Kita musnahankan disini, agar tidak mencemari lingkungan. Karena dengan sekian banyak barang bukti yang dimusnahkan akan lebih baik jika ditangani perusahaan spesialis limbah,”tutupnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com