SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

80% Narkoba Masuk Lewat Laut

  • Reporter:
  • Senin, 12 Februari 2018 | 14:54
  • Dibaca : 48 kali
80% Narkoba Masuk Lewat Laut
ilustrasi

NONGSA – Badan Narkotika Nasional (BNN) akan meningkatkan pengawasan laut sebagai wilayah masuknya narkoba. Para pengedar internasional seperti Malaysia, Singapura, Filipina, China, Taiwan, dan lainnya menggunakan beragam modus untuk mengirim barang haram tersebut lewat jalur laut.

Menurut Deputi BNN Arman Depari, 80 persen narkoba yang masuk ke Indonesia melalui jalur laut. Segala cara dilakukan bandar untuk mengirimkan narkoba melalui jalur laut, mulai dengan modus sebagai nelayan mencari ikan hingga memanfaatkan tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal yang bekerja di Malaysia untuk menjadi kurir.

“Ini jalur favorit mereka menggunakan laut. Namun kami bersama stakeholder lain baik polisi, TNI, Bea Cukai, dan instansi lain selalu melakukan sinergitas untuk menekan hal itu. Kami berusaha semaksimal mungkin menekan masuknya narkoba di Indonesia,” katanya, Sabtu (10/2/2018).

Arman mengatakan, seluruh instansi harus bisa bekerja sama untuk memberantas narkoba. Pasalnya, Indonesia sendiri menjadi pangsa pasar terbesar di Asia untuk peredaran narkoba. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah memberikan atensi terkait peredaran narkoba di Indonesia dan meminta aparat penegak hukum lebih mengawasi perairan Selatan hingga pantai Timur.

“PBB juga sudah melakukan penelitian, dimana jalur laut menjadi pilihan untuk pengiriman narkoba,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com