SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Awasi Peredaran Makanan Tak Layak Konsumsi

  • Reporter:
  • Kamis, 12 April 2018 | 14:07
  • Dibaca : 68 kali
Awasi Peredaran Makanan Tak Layak Konsumsi
ilustrasi /TEGUH PRIHATNA

BATAM KOTA – DPRD Batam meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diseprindag) melakukan monitoring atau pengawasan terhadap produk yang tidak layak dikonsumsi masyarakat.

Selama ini antara Pemko Batam dan Pemprov kurang koordinasi dan tidak maksimal dalam melakukan pengawasan di lapangan. “Salah satunya adalah koordinasi pengawasan beredarnya sarden di Batam,” kata anggota Komisi II DPRD Batam, Uba Ingan Sigalingging dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (10/4/2018).

Koordinasi ini penting dilakukan karena setiap permasalahan yang terjadi, masyarakat selalu mengadu ke DPRD Batam. Padahal sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kewenangan berada di Disperindag provinsi. “Kami ingin ada koordinasi yang baik dalam pengawasan produk-produk makan berbahaya yang beredar di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Uba juga menyoroti rendahnya realisasi anggaran di triwulan pertama. Dari tujuh kegiatan, baru dua program yang sudah berjalan yaitu peningkatan administrasi perkantoran 18,64 persen dan operasionalisasi dan pengembangan UPT kemetrologian daerah sekitar 14,91 persen.

Sedangkan realisasi kegiatan peningkatan sarana dan prasaranan aparatur, operasional Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), pembinaan dan pengawasan potensi UTTP dan BDKT serta operasi pasar kebutuhan pokok bazar sembako murah masih kosong. “Seharusnya di triwulan pertama ini harus keseluruhan realisasi sekitar 25 persen,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com