SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Batam Kian Dipercaya Industri Perkapalan Nasional

  • Reporter:
  • Jumat, 29 November 2019 | 13:59
  • Dibaca : 122 kali
Batam Kian Dipercaya Industri Perkapalan Nasional
Peluncuran dermaga apung atau floating dock milik PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari di PT Bandar Abadi Ship Builder and Dry-Docks, Tanjunguncang, kemarin. f /ist

SAGULUNG – PT Bandar Abadi Ship Builder and Dry-Docks meluncurkan Floating Dock 9000 TLC Hull – 288 atau dermaga apung yang dipesan PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero). Produksi ini diyakini menunjukkan gairah industri perkapalan Batam kembali bergairah.

Direktur PT Bandar Abadi Ship Builder And Dry-Docks, Maslina Simanjuntak mengatakan, float dock atau dok apung ini diluncurkan pada, Kamis (28/11) siang.

Satu unit dok apung ini dipesan oleh PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) memiliki nilai kontrak sekitar Rp200 miliar lebih dengan masa pengerjaan selama 14 bulan.

“Untuk tipe float dock ini memiliki panjang 152 meter, lebar 42 meter, tinggi 13 meter dapat mengangkut kapal seberat 9.000 ton,” kata dia di PT Bandar Abadi Tanjunguncang, kemarin.

Maslina mengatakan, dok apung atau floating dock ini adalah sebuah bangunan konstruksi berupa ponton-ponton yang dilengkapi dengan katup pengangkat, pompa- pompa air dan perlengkapan tambat serta perlengkapan reparasi kapal lainnya. Konstruksi ini dapat ditenggelamkan atau diapungkan dalam arah vertikal.

“Keberhasilan pembangunan kapal ini juga menjadi bukti kemampuan putra-putri Indonesia untuk memberikan kontribusinya dalam penguasaan bidang teknologi perkapalan nasional. Selain itu juga sebagai bukti gairah galangan kapal di Kota Batam kembali menguat,” katanya.

Seperti diketahui, PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock merupakan perusahaan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) berdiri pada 2001 sebagai industri galangan kapal di Kota Batam yang mengkonsentrasikan bisnisnya pada pembuatan/pembangunan dan perbaikan/perawatan kapal.

PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock memiliki luas area 380.000 M2 dengan panjang bibir pantai kurang lebih 700 meter serta memiliki kedalaman laut kurang lebih 10 meter. Sangat memungkinkan membentangkan kapal dari berbagai jenis dan ukuran kapal. di samping itu juga, PT Bandar Abadi memiliki SDM yang memiliki keahlian dalam teknik pembangunan ataupun perbaikan kapal.

PT Bandar Abadi Ship Builder & Dry-Dock memiliki graving dock (dok kolam) dengan ukuran 202 meter x 39 meter x 7,5 meter digunakan untuk sarana perbaikan atau perawatan kapal dengan kapasitas menampung kapal hingga 70.000 DWT dalam satu waktu perbaikan. chandra gunawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com