SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Berwisata Religi ke Vihara Maitreya

  • Reporter:
  • Selasa, 11 Juli 2017 | 17:06
  • Dibaca : 318 kali
Berwisata Religi ke Vihara Maitreya
Wisata Religi ke Vihara Maitreya. Foto Eri Gusmeri.

Maha Vihara Duta Maitreya dipagar tinggi dan didominasi cat putih. Bangunannya menghadap pemukiman Bukit Beruntung, Seipanas, Batam. Dari atas, pemandangan begitu lepas. Patung Budha berwarna emas duduk di sana memberkati kehidupan.

Wisata religi kini menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu daerah. Rumah ibadah seperti mesjid, gereja, pura, atau vihara mampu menjadi pemantik kunjungan wisatawan. Berbagai paket wisata dengan pilihan wisata tempat ibadah bukan tawaran baru lagi, termasuk di Batam.

Beberapa destinasi wisata yang direkomendasikan antara lain Masjid Agung Batam di Batam Centre, Masjid Laksanama Cheng Ho di Bengkong, atau gereja tua di Camp Vietnam Barelang. Tak ketinggalan Maha Vihara Duta Maitreya di Seipanas.

Vihara yang berlokasi di Bukitberuntung ini pastinya sudah dikenal baik masyarakat Batam. Meski begitu tak ada salahnya untuk datang ke sini. Mungkin ada hal-hal baru yang belum diketahui tentang vihara ini.

Vihara Duta Maitreya atau disingkat Vihara Maitreya merupakan tempat ibadah umat Budha Maitreya. Vihara ini terbuka untuk umum. Khusus umat Budha yang ingin beribadah dipersilakan melakukan puja bakti atau sembahyang. Ada banyak graha (ruang sembahyang) yang disediakan di lantai satu hingga lantai tiga vihara.

Setiap hari vihara yang termasuk terbesar di Asia Ternggara ini hampir tak sepi pengunjung. Tidak hanya diramaikan umat Budha yang ingin beribadah tetapi juga wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Menurut Riandu, salah seorang pengurus Mahavihara Duta Maitreya, setiap tahunnya pengunjung vihara menjapai 70.000. Wisman yang mendominasi dari Singapura disusul Korea.
Hal itu dikarenakan banyaknya paket wisata ke Batam menyediakan kunjungan ke vihara sebagai destinasi pilihan. Bagi wisman yang beragama Budha tentunya datang ke vihara untuk berwisata sekaligus menggelar puja bakti.

Setiap hari Vihara Maitreya menggelar kebaktian tiga kali: pagi, siang, dan menjelang malam. Pengunjung bisa bergabung sembahyang sesuai jadwal atau sembahyang sendiri. Graha terbuka bagi siapa saja yang ingin berdoa. Bangunan vihara ini cukup luas, diperkirakan sekitar 5,3 hektare. Bila berjalan ke dalam, koridor-koridor di bangun lepas dan lebar. Lantainya berkeramik mengkilap. Kebersihan di tempat ini sangat dijaga.

Pada dinding vihara tergores berbagai tulisan dan lukisan dilengkapi aksara China. Di bagian dalam vihara terdapat taman-taman. Pengunjung bisa berfoto-foto di spot ini. Lahan parkirnya juga luas lengkap dengan taman yang asri.

Vihara Duta Maitreya dibangun pada 2 November 1991. Pendiriannya berawal dari inisiatif Pimpinan Maha Tao Maitreya sedunia YA MS Gao Shan Yu Ren. Dia berpesan pada Pandita Muda Harun, seorang umat Maitreya di Batam untuk membangun maha vihara di Batam. Pada 23 Januari 1999 vihara ini resmi dibuka.

Patung Budha Tersenyum
Ciri khas yang ditampilkan Vihara Maitreya adalah miniatur patung-patung. Di setiap sudut dan depan vihara, mata tak akan terlepas dari pemandangan patung-patung Budha dengan ciri khasnya yang selalu melempar senyum atau tertawa lebar dan ramah, melambangkan cinta kasih. Harapan dari ekspresi patung tersebut agar orang yang datang selalu berbahagia.

Selain patung Budha Maitreya, juga dibangun patung Budha Gautama, Dewi Kwan Im, Satya Kalama, Amitabha, Baisajyaguru, dan lainnya. Untuk menarik pengunjung, tahun ini vihara memperbaiki dan menambah patung Budha Maitreya cilik dan disertai 12 shio.

Di vihara ini, pengunjung juga akan menemukan lima graha atau tempat puja bakti di lantai satu hingga lantai tiga. Yakni Graha Maitreya, Graha Patriat, Graha Sakkyamuni, Graha Buddha Avalokitesvara, dan Graha Buddha Satya Kalama.

Karena di bangun berlantai tiga, di bagian atas disediakan graha cukup luas disebut Graha Maitreya. Graha ini digunakan untuk umat Budha Maitreya. Ciri khasnya jok sembahyang yang ditata rapi dan simetris. Diperkirakan dapat menampung hingga 2.000 orang. Di depan graha ini terdapat patung Budha berwarna emas dengan tinggi sekitar lima meter. Patung Budha itu di bangun menghadap jalan dan perumahan. Dari tempat ini pemandangan Kota Batam dapat terlihat.

Sedangkan graha-graha yang terdapat depan pintu masuk atau lantai satu hanya tersedia sedikit jok dan ditambahkan dupa.

Tersedia Banyak Fasilitas
Selain sebagai tempat ibadah, Vihara Maitreya jugapunya banyak fasilitas. Sekolah, klinik, restoran vegetarian, asrama, dan ruang pertemuan. Sebagai lokasi wisata, pengurus vihara menyediakan toko souvenir yang menjual replika Budha, dan pernak-pernik seperti miniatur kucing, miniatur dewa, dan miniatur lain. Pada momen-momen tertentu,, misalnya menjelang Imlek, replika dewa rejeki paling banyak dibeli sebagai bentuk pengharapan untuk melancarkan rejeki.

Jika ingin mencari makan atau mencicipi kopi, mampir saja ke kedai kopi di samping vihara.Uniknya, di sini disediakan kedai kopi yang diolah secara alami dari biji kopi pilihan. Pengunjung juga bisa memesan teh. Vihara menyebutnya sebagai the atau kopi kebahagiaan karena dibuat dengan rasa suka cita. Jika pengunjung merasa lapar, tersedia restoran yang cukup besar. Letaknya di bagian belakang. Restoran ini hanya menyediakan menu vegetarian. Meski begitu selalu ramai dikunjungi pecinta kuliner.

Pada waktu-waktu tertentu, vihara ini menjadi tempat digelarnya festival dan berbagai acara kesenian. Pada momen ini Vihara Maitreya dipadati pengunjung dari berbagai kalangan. Sebagai pusat kesenian, vihara ini punya kalender event sendiri bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pada event seperti Imlek dan Cap Go Meh digelar open house vegetarian food yang dihadiri lebih dari 20.000 orang. Even itu terbuka untuk umum.

Vihara di buka setiap hari pukul 08.00 pagi hingga sore hari. Khusus Minggu, aktivitas berlangsung hingga pukul 3 sore. Masuk ke vihara ini tak dipungut biaya namun sebagai pengunjung senantiasa harus menjaga kebersihan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com