SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bintan Tampung 520 Pengungsi Pindahan

  • Reporter:
  • Rabu, 7 Februari 2018 | 10:32
  • Dibaca : 374 kali
Bintan Tampung 520 Pengungsi Pindahan
Pengungsi saat di Hotel Hermes. /NOVEL M SINAGA

GUNUNG KIJANG – Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam)RI Organisasi International Migrasi (OIM) akan memindahkan pengungsi dari berbagai daerah di Indonesia ke Bintan. Pemindahan ini, untuk menangani para pengungsi lebih manusiawi.

Deputi Koordinator Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenkopolhukam Irjen Pol Carlo B Tewu mengatakan, monitoring dan evaluasi pemindahan pengungsi dari luar megeri sebagai wujud terciptanya penangangan pengungsi (pencari suaka) di negara Indonesia lebih baik dan manusiawi . “Kami memfasilitasi agar penyelanggara UNHCR dan IOM dapat menjalankan tugasnya melakukan pendampingan terhadap para pengungsi, hingga nantinya mendapatkan persetujaun untuk tinggal di negara ke tiga,” kata Carlo di Bhadra Resort Bintan (Hotel Hermes Agro), Gunungkijang, Bintan, Selasa (6/2/2018).

Menurut dia, pemindahan para pengungsi pencari suaka merupakan implementasi dari Perpres Nomor 125 tahun 2016. Dalam pemindahan dari Rumah Detensi Imigrasi ke Bhadra Resort, menjadi salah satu program percontohan untuk diterapkan di wilayah lain di Indonesia.

“Di Badhara Resort, para pengdungsi akan dibentuk komunitas baru. Supaya pengungsi bisa diterima di tengah masyarakat setempat,” ujar Carlo.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com