SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BPOM Periksa Toko di Anambas, Cek Kosmetik dan Produk Tanpa Izin Edar

  • Reporter:
  • Jumat, 25 Mei 2018 | 15:19
  • Dibaca : 305 kali
BPOM Periksa Toko di Anambas, Cek Kosmetik dan Produk Tanpa Izin Edar
Tim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepri menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko di Anambas.

ANAMBAS – Tim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepri menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko di Anambas untuk mengecek kosmetik dan produk makanan yang tidak memiliki izin edar, termasuk takjil yang biasa dijual di pinggir jalan di Tarempa.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Jasril Jamal mengatakan, kedatangan BPOM Kepri merupakan tindak lanjut pertemuan beberapa waktu lalu di Batam. Ia juga meminta agar BPOM Kepri secara rutin melakukan pengecekan di lapangan agar masyarakat sebagai konsumen terlindungi haknya.

“Ini sebagai tindaklanjut pertemuan dua bulan lalu di Batam. Mereka datang 9 orang yang merupakan tim untuk melakukan pengecekan sejumlah makanan dan minuman serta kosmetik di Anambas,” ujarnya saat mendampingi tim BPOM Kepri, Kamis(24/5).

Kasi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Kepulauan Anambas, Armon mengatakan, tim BPOM Kepri akan melakukan pemeriksaan ke toko-toko sejak Selasa (22/5) hingga Jumat (25/5).

“Untuk ke Jemaja, tim sudah bergerak Rabu (23/5) kemarin. Tim dibagi empat dan fokus mengecek barang kedaluarsa, kosmetik dan obat-obatan yang tak miliki izin edar,” katanya.

Salah satu pendamping dari Dinas Kesehatan, Sofiani Srilagogo mengatakan, selain memeriksa produk-produk di pasar tradisional dan kosmetik, tim juga mengecek produk industri rumah tangga seperti kerupuk ikan olahan warga. Hal ini dilakukan agar home industri juga menaati aturan dan melindungi para konsumen agar tidak mengkonsumsi makanan yang tidak layak.

“Untuk industri rumah tangga masih aman. Tapi beberapa toko ada ditemukan tak ada izin edar dan kadaluarsa. Bagi kosmetik yang tak ada izin edar langsung dimusnahkan di tempat disaksikan pemilik dan ada berita acaranya,” kata Sofiani.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com