SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BPOM Sidak Distributor Pangan di Karimun

  • Reporter:
  • Selasa, 14 Mei 2019 | 15:59
  • Dibaca : 54 kali
BPOM Sidak Distributor Pangan di Karimun
Badan Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Kepri melaksanakan inpesksi mendadak ke sebuah Gudang Distributor makanan di Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun, Kamis (9/5).

KARIMUN – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepri melaksanakan inspeksi mendadak ke sebuah Gudang Distributor makanan di Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun, Kamis (9/5).

Dalam kegiatan itu petugas menemukan lima item pangan tanpa izin edar dengan jumlah mencapai 435 Pieces berbagai merk. Barang itu diketahui didistribusikan tanpa izin yang sah sesuai undang- undang.

Kepala Karantina BPOM Kepri Yosef Dwi Irwan mengatakan, p3nindakan itu berawal dari informasi masyarakat terkait adanya peredarapangan kaleng dari luar negeri tanpa izin resmi dari BPOM RI di Karimun.

“Dari hasil laporan dan kita tindak lanjuti, ditemukan pangan kaleng dari luar negeri. Ada lima jenis, ditafsir nilainya mencapai Puluhan Juta,” katanya.

Terhadap temuan itu Yosef mengatakan pihaknya masih menyelidiki apakah pendistribusian pangan kaleng itu menyalahi aturan. Apabila terbukti, pihaknya dapat menjerat distributor dengan pasal 142 UU Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

“Masih didalami, apakah ada unsur kesengajaan. Apabila ini motifnya mencari keuntungan maka kiga kebakan pelanggaran undang undang dengan sanksi pidana penjara paling lama dua tahun dan denda paling banyak 4 Miliar,”katanya.

Ia menjelaskan pangan ilegal beresiko terhadap kesehatan masyarakat karena diedarijan melalui evaluasi mutu dan keamanan twrlebih dahulu. Peredaran barang- barang dari ljar negeri bukan dilarang melainkan harus mendapatkan izin yang sesuai didalam undang-undang.

Yosef mengimbau masyarakat agar selalu menjadi konsumen yang cerdas dengan membeli produk pangan yang telah terdaftar di Badan POM. Ia berpesan sebelum membeli selalu lakukan Cek KLIK, yaitu cek kemasan, cek label, cek izin edar dan cek kadaluarsa.

“Apabila masyarakat membutuhkan informasi ataupun aduan tentang Obat dan Makanan dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) BPOM Batam di (0778) 761490,”katanya.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com