SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Butuh Terobosan Baru Gairahkan Galangan Kapal

  • Reporter:
  • Rabu, 2 Agustus 2017 | 12:09
  • Dibaca : 248 kali
Butuh Terobosan Baru Gairahkan Galangan Kapal
Aktivitas pekerja galangan kapal di Tanjunguncang belum lama ini.Foto Arrazy Aditya.

BATAM KOTA – Dosen Politeknik Negeri Batam, Eko Bambang Hendrawan mengatakan, butuh terobosan baru dari pemerintah, baik Pemko atau BP Batam untuk bisa kembali meningkatkan industri galangan kapal yang sedang terpuruk saat ini.

Di tengah ketergantuangannya industri galangan kapal di Batam terhadap harga minyak dunia membuat pemerintah harus mencari cara untuk bisa mengembalikan gairah industri tersebut.

Menurut dia, kebijakan pemerintah untuk tidak langsung mengekspor sumber daya alam (SDA) mentah sudah dipastikan akan menurunkan permintaan kapal pengangkut minyak dan batu bara atau SDA lainnya.

Akibatnya hal ini dirasakan langsung oleh para pengusaha galangan kapal. “Karena galangan kapal di Batam selama ini mengandalkan pemesanan dari komoditas sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, seperti halnya SDA,” ujarnya di Batam Centre, Selasa (1/8).

Sebab itu, harus ada terobosan baru untuk bisa membangkitkan kembali industri galangan kapal ini, di mana ada baiknya produksi sekarang ini diarahkan pada produksi kapal-kapal yang tidak mengangkut komoditi. Melainkan yang dapat mengangkut kebutuhan sehari-hari seperti untuk mengangkut daging mentah atau lainnya.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com