SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cuaca Buruk, Petani Rugi Belasan Juta

  • Reporter:
  • Senin, 10 Desember 2018 | 09:09
  • Dibaca : 173 kali
Cuaca Buruk, Petani Rugi Belasan Juta
Petani sayur di Bintan merawat Kawasan Agropolitan Kecamatan Toapaya, Minggu (9/12). f novel m sinaga

BINTAN – Cuaca buruk yang terjadi di Kabupaten Bintan membuat petani sayur merugi belasan juta. Salah satu petani sayur di Kawasan Agropolitan Kecamatan Toapaya, Poniran mengaku kerugian yang dialaminya mencapai belasan juta.

“Kami pernah dapat kerugian yang sangat besar ketika berkebun, bisa mencapai sekitar Rp14 juta dan satu kendala lagi daerah hutan seperti ini, sangat banyak binatang seperti babi hutan yang merusak kebun,” katanya, Minggu (9/12).

Selain cuaca buruk, kata dia, faktor lainnya adalah harga sayur yang masih di bawah standar. Sehingga, modal yang dikeluarkan untuk biaya produksi tidak kembali setelah dijual di pasar. “Karena harga sayur murah, untuk untung itu susah karena keuntungan sangat sedikit, modal kembali aja sudah syukur,” ujarnya.

Ia mengaku memiliki kebun dengan luas sekitar 1,5 hektare dengan sewa Rp1,5 juta pertahun dan membutuhkan modal yang sangat besar sampai menunggu panen. Modal yang diperlukan untuk membeli keperluan seperti, biaya pupuk dan perawatan lainnya.

Kebun miliknya, lanjuntnya, hanya ditanami beberapa jenis sayur saja, Di antaranya, sayur kangkung, sayur sawi, sayur kacang panjang dan lainnya. Sementara permintaan pasar tidak begitu tinggi. “Saya hanya pasok ke Pasar Tani Toapaya dan Tanjungpinang saja, karena terbatas,” katanya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com