SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Curi Ikan, PSDKP Natuna Tangkap Kapal Malaysia

  • Reporter:
  • Rabu, 20 Maret 2019 | 10:09
  • Dibaca : 232 kali
Curi Ikan, PSDKP Natuna Tangkap Kapal Malaysia
Serah terima berkas perkara dari KP Orca 1 kepada PSDKP Kabupaten Natuna. f ist

NATUNA – Satuan Kerja (Satker) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kabupaten Natuna menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Malaysia diduga melakukan Tindak Pidana Perikanan (TPP) di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) perairan Kabupaten Natuna, Selasa (12/3).

Kepala Satker PSDKP Kabupaten Natuna Dedi Setiadi mengatakan, kapal ikan yang bernama KM SF1-66 tersebut diamankan pada koordinat 03°09.630″ LU-110°09.822″ BT di perairan Natuna pada pukul 10.13 WIB.

Kapal tersebut dinakhodai oleh Andi Cahyadi dengan dua orang Anak Buah Kapal (ABK). Petuga langsung melakukan pemeriksaan awal dari KP Orca 1 di lokasi penangkapan serta menggiring ke pangkalan Satker PSDKP di Kecamatan Pulau Tiga.

“Ya betul, PSDKP telah menangkap satu unit KIA berbendera Malaysia. Kapal, Nakhoda dan ABK telah diserahterimakan dari KP Orca 1 ke Satker PSDKP tanggal 14, kemarin,” kata Dedi, Selasa (19/3).

Ia mengatakan, kapal asing tersebut diduga melakukan TPP di wilayah ZEE tanpa dilengkapi dengan dokumen perizinan yang sah dari pemerintah Republik Indonesia (RI). Mereka tidak memiliki dokumen Surat Izin Usaha Penangkapan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

Adapun barang bukti yang berhasil disita petugas berupa satu unit kapal, sejumlah ikan hasil tangkapan, sejumlah alat tangkap bubu dan lain sebagainya. “Selanjutnya terhadap mereka akan dilaksanakan proses hukum lebih lanjut sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia,” ujarnya.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com