SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dewan Soroti Kinerja Sejumlah OPD

  • Reporter:
  • Kamis, 12 Juli 2018 | 12:03
  • Dibaca : 113 kali
Dewan Soroti Kinerja Sejumlah OPD
Ilustrasi DOK SINDO BATAM

BINTAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan menyoroti kinerja beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bintan untuk dievaluasi agar kinerja dari OPD-OPD tersebut lebih baik ke depannya.

Anggota DPRD Bintan Hasriawady utusan fraksi Partai Golkar mengatakan, salah satu OPD yang menjadi sorotan dari fraksi Golkar yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan. Ia menilai perlu ada koreksi dalam penambahan kuota BPJS bagi masyarakat Bintan, khusnya pemilik BPJS Mandiri. Sebab fakta di lapangan ditemukan masih banyak masyarakat Bintan yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan, terutama masyarakat tidak mampu.

“Karena kami menemukan banyak penunggak BPJS secara mandiri, sehingga ini perlu menjadi perhatian,” ujarnya saat menyampaikan pandangan fraksi Partai Golkar dalam Rapat Paripurna tentang penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Bintan tahun Anggaran 2017 di Kantor DPRD Bintan, Rabu (11/7).

Kemudian di Dinas PUPR dan Perkim Bintan, Hasriawady menyampaikan berbagai proyek fisik yang dikerjakan OPD ditemukan sejumlah masalah, di antaranya pembangunan masjid di Toapaya, pembangunan gedung Community Centre dan juga pembangunan proyek pembangunan landscape pintu gerbang menuju pusat pemerintahan ibu kota Kabupaten Bintan.

Menurutnya, masjid di Toapaya baru dibangun sudah ada yang bocor dan rusak. Keberadaan gedung Community Centre tidak tepat sasaran dan dinilai kurang bermanfaat. “Sedangkan pembangunan landscape pintu gerbang menuju pusat pemerintahan ibu kota Kabupaten Bintan hingga saat ini tidak kunjung selesai,” ujarnya.

Dinas lain yang menjadi sorotannya yakni Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan yang dinilai oleh Fraksi Golkar perlu membenahi masalah transportasi bagi para pelajar. Seringnya kecelakaan transportasi gratis yang diberikan pemerintah harus mendapatkan perhatian serius.

Berbeda dengan fraksi Golkar, Partai Demokrat justru meminta kepada Pemkab Bintan untuk meningkatkan pembangunan fisik yang dilakukan di tahun-tahun anggaran berikutnya.

Juru bicara Fraksi Demokrat Azman mengharapkan keinginan fraksinya untuk peningkatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur harus menjadi komitmen bersama dalam pelaksanaannya.

Pembangunan infrastruktur, sambungnya, seperti jalan, jembatan serta infrastruktur lain yang berpengaruh terhadap peningkatan pembangunan ekonomi di wilayah padat penduduk di perkotaan maupun pedesaan, serta fasilitas publik yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Hendaknya bisa ditingkatkan lagi, dan kami harapkan agar tata ruang pembangunan kabupaten Bintan dapat mengarah terhadap pengembangan sektor ekonomi secara merata di wilayah kabupaten Bintan,” tuturnya.

Tidak hanya soal pembangunan fisik, peningkatan program-program lainnya seperti peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Fraksi Demokrat kata dia, menginginkan peningkatan pengawasan dalam pembangunan sehingga dapat berjalan secara merata, sehingga dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bintan.

Dalam Paripurna ini, Pemkab Bintan yang diwakili oleh Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dalam laporannya pertanggungjawabannya menyampaikan realisasi APBD Bintan tahun 2017 terdiri dari pendapatan berjumlah Rp1,059 triliun, sedangkan belanja daerah Rp1,020 triliun, sehingga terjadi surplus sebesar Rp39 miliar lebih dan setelah APBD perubahan mengalami surplus menjadi Rp136 miliar lebih.

“Ditahun 2017, Pemkab Bintan juga menyandang predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). WTP ini merupakan yang ketujuh yang diraih secara berturut-turut,” kata Dalmasri.

Menanggapi pandangan dari fraksi Golkr atas evaluasi terhadap berbagai OPD yang disebut-sebut bermasalah, Dalmasri mengaku akan segera ditanggapi dan menjadi masukan penting bagi Pemkab Bintan.

“Kami sudah catat pandangan fraksi karena itu fungsi dari Dewan dalam bidang pengawasan, kami akan tindak lanjuti termasuk beberapa proyek infrastruktur yang rusak dan belum selesai,” katanya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com