SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dewan TIK Kunjungi KORAN SINDO BATAM

  • Reporter:
  • Kamis, 12 April 2018 | 12:34
  • Dibaca : 422 kali
Dewan TIK Kunjungi KORAN SINDO BATAM
Dewan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kota Batam berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM, Rabu (11/4/2018).

BATUAMPAR – Dewan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kota Batam menggesa pelayanan publik di Batam yang kurang memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi yang ada di zaman modern.

Ketua Dewan TIK Batam Donal Pangihutan mengatakan, lembaga yang dipimpinnya ini memiliki visi untuk mempercepat pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efisien dengan membuat kebijakan TIK secara nasional, melalui sinkronisasi program-program TIK di seluruh kementerian dan lembaga.

Berdasarkan Keppres Nomor 1 Tahun 2014 mengenai Dewan Teknologi Informasi komunikasi (TIK) Nasional, pada 27 Oktober 2017 telah dibentuk Dewan TIK Kota Batam. Melalui pengelolaan TIK yang baik, pemerintah dapat mempermudah proses data memalui sistem online, sehingga masyarakat tidak perlu mengantre dan mengambil formulir untuk setiap pendaftaran layanan publik.

“Dengan adanya aplikasi sistem online, masyarakat cukup mengajukan satu laporan. Lalu sistem secara otomatis akan memberitahu semua badan pemerintah, institusi yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya saat berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM, Rabu (11/4/2018).

Donal menjelaskan, koordinasi informasi antar lembaga yang lebih mudah, selanjutnya juga mempercepat pemenuhan kebutuhan administrasi masyarakat di sejumlah daerah, sehingga pelayanan berjalan dengan efisien.

“Namun menjalankan sistem ini di Batam terkendala di SKPD yang ada. Mereka takut data dan kinerja mereka terlihat jika masuk sistem seperti ini. Tapi paradigma seperti ini harus dihapuskan di setiap SKPD,” kata Donal.

Untuk data, sambungnya, Batam merupakan pintu masuk dari seluruh Indonesia, dan Singapura adalah pintu keluar semua data yang ada. “90 persen jalur traffick data lewat Batam, dan sudah seharusnya Batam memiliki Intelligence Exchange,” ungkapnya.

Kunjungan Dewan TIK Batam ini sebagai bentuk sosialisasi teknologi, informasi dan komunikasi ke masyarakat, bahwa TIK Batam akan membantu masyarakat dalam proses pelayanan publik di zaman modern.

“Tujuan TIK adalah memberikan rekomendasi dan arahan yang sama dengan tingkat nasional, dan mengevaluasi pekerjaan pemerintah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, TIK Batam juga akan membantu koordinasi ke Kominfo, serta memberikan sertifikasi TIK yang berstandar nasional. “Soal data semuanya masih di Singapura, baik itu google maupun facebook. Mereka menganggap Singapura mempunyai standarisasi, sedangkan Indonesia tidak ada sertifikasi dan tidak berstandar untuk pengelolaan data,” kata Donal.

Wakil Redaktur Pelaksana KORAN SINDO BATAM, Abdul Hamid menyambut baik sosialisasi dan program kerja dari Dewan TIK Kota Batam. Pasalnya, pelayanan publik Kota Batam saat ini masih minim menerapkan sistem online.

“Masyarakat saat ini butuh pelayanan publik yang cepat dan efisien, seperti pembuatan KTP seharusnya sudah ada sistem online yang masyarakat harus tahu kapan selesai pencetakan dan mengambilnya,” kata Hamid.

Selain itu, pelayanan di Kota Batam masih mengunakan sistem manual, dan harus membawa semua berkas-berkas untuk keperluan yang lain. “Seharusnya ada aplikasi yang memudahkan masyarakat, dan kehadiran TIK Batam sangat dibutuhkan sekarang,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com