SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Elektabilitas Enam Nama Disurvei,  Calon dari PDIP di Tangan Mega

  • Reporter:
  • Selasa, 26 November 2019 | 16:09
  • Dibaca : 155 kali
Elektabilitas Enam Nama Disurvei,  Calon dari PDIP di Tangan Mega
Mantan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mendaftar ke PDIP sebagai bakal calon wali kota. /ahmad romadi

BATAM – PDI Perjuangan memastikan sudah mengantongi nama calon wali kota Batam untuk bertarung dalam kontestasi Pilwako Batam pada awal tahun depan. Selain bergantung hasil elektabilitas, calon yang diusung bergantung restu Ketua Umum PDIP Megawati.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Batam melakukan survei elektabilitas calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada serentak tahun depan.

Ketua DPC PDIP Kota Batam Nuryanto mengatakan, pihaknya melakukan survey terhadap bakal calon wali kota dan wakil wali kota Batam yang sudah mendaftar ke Tim Penjaringan, beberapa waktu lalu. Mereka adalah Lukita Dinarsyah Tuwo, Mustofa Widjaja, Abdul Basyid Has, Haris Lambey, Candra Ibrahim dan Ruslan Ali Wasyim.

“Yang melakukan survei langsung tim dari DPC PDIP Batam. Ada belasan lembaga survei yang disarankan oleh DPP. Tapi mungkin satu lembaga saja yang akan kami gunakan,” kata Nuryanto di DPRD Batam, Senin (25/11).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya menunggu proses selanjutnya dari DPP. Direncanakan, awal bulan Desember, internal partai melakukan survei dan hasil dari itu menjadi pertimbangan DPP, siapa bakal calon yang direkomendasikan untuk diusung dalam Pilkada Batam.

“Kepastian siapa yang direkomendasikan PDIP, mungkin awal tahun baru ada keputusan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Cak Nur ini menambahkan, semua kandidat yang mendaftar memiliki peluang yang sama untuk diusung pada Pilkada serentak 2020 nanti, di mana keputusannya akan dilakukan oleh DPP dan melihat tingkat elektabilitas masing-masing.

“Semua calon tersebut akan dirapatkan di DPP dan keputusan ada di tangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri,” kata Ketua Anggota DPRD Batam ini.

Sambil menunggu hasil survei, pihaknya juga sementara membangun komunikasi dengan semua partai politik di Kota Batam untuk bisa bersama dalam mengusung calon pada Pilkada 2020.

Cak Nur juga menegaskan, dalam proses survei DPC PDI Perjuangan tidak membebankan biaya kepada para bakal calon yang telah mendaftar.

“Memang proses penetapan calon ini tidak mudah bagi PDI Perjuangan karena harus melihat aspirasi masyarakat kecil dan track record bakal calon yang telah mendaftar. Sehingga bisa sejalan dengan visi misi PDI Perjuangan yang selalu berdiri bersama rakyat kecil atau wong cilik,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com