SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

FPK Anambas Diminta Jadi Pemersatu

  • Reporter:
  • Jumat, 22 Maret 2019 | 14:40
  • Dibaca : 96 kali
FPK Anambas Diminta Jadi Pemersatu
FPK Anambas menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), kemarin. f jhon munthe

ANAMBAS – Keberadaan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kepulauan Anambas hendaknya dapat menjadi pererat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman. Terlebih lagi jelang pelaksanaan pesta demokrasi. Apalagi saat ini masih saja terjadi saling serang, saling fitnah, dan sebar hoaks melalui media sosial (medsos) di dunia maya. Tanpa disadari masyarakat, hal seperti ini dapat dimanfaatkan kelompok-kelompok yang ingin memecah belah bangsa Indonesia.

“Kita boleh berbeda pilihan, itu sudah biasa. Tetapi jangan hanya karena pemilu ataupun pilpres membuat kita jadi terpecah belah dan bermusuhan,” kata Kepala Bakesbangpol Pemkab Anambas Ekodesi, Kamis (21/3). Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Anambas, Ekodesi menambahkan, sangat berharap seluruh etnis yang tinggal di Kabupaten Kepulauan Anambas dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Eko juga mengakui, keberadaan forum ini sangat efektif untuk mencegah konflik antar etnis, agar tidak terjadi seperti didaerah lain yang pernah terjadi. Tidak bisa dipungkiri, dengan berbagai macam suku sangat rentan terhadap konflik. Untuk itu, perlu pembauran antar suku, sehingga sekecil apapun persoalan sosial harus segera diselesaikan agar tidak semakin besar. “Beberapa daerah lain sudah pernah terjadi gesekan, daerah kita ini jangan sampai terjadi karena kita sendiri yang rugi. Makanya lewat forum pembauran kebangsaan ini kita dekatkan masyarakat agar saling menjaga dan saling menghargai antara satu dengan yang lain,” katanya.

Sementara Staf Ahli Pemkab Anambas Khairul Syahadat yang mewakili Bupati Kepulauan Anambas mengatakan, forum pembauran kebangsaan sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi. Di mana penduduk Kabupaten Kepulauan Anambas yang multi etnis bisa saling menyatu demi terpeliharanya keamanan dan persatuan bangsa. “Penduduk kita pluralisme di sini. Jadi kita tingkatkan tali silaturahmi dan saling menghargai antara sali dengan yang lainnya,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com