SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gubernur Kepri Minta Nelayan Kelola Hasil Tangkap dengan Baik

Gubernur Kepri Minta Nelayan Kelola Hasil Tangkap dengan Baik
Gubernur Kepri Nurdin Basirun berbincang dengan nelayan di Batam, akhir pekan kemarin. Ia ingin luasnya laut Kepri dimanfaatkan penuh demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BATAM – Gubernur Kepri Nurdin Basirun percaya luasnya laut di Kepri mampu memberi kesejahteraan bagi masyarakat pesisir. Selama ini, potensi besar kelautan tersebut belum digarap serius sehingga hasilnya tak maksimal.

“Sayang laut begini luas di Kepri, namun penduduk pesisir kurang menikmati hasilnya,” kata Nurdin saat bertemu dengan sejumlah nelayan di Batam, akhir pekan kemarin.

Menurut Nurdin, bantuan-bantuan pemerintah, baik pusat maupun provinsi dan kabupaten kota untuk nelayan selalu ada. Seperti bantuan keramba untuk budidaya dan lainnya. Namun sejauh ini ia belum melihat pengelolaan dan hasil yang maksimal dari bantuan tersebut.

Nurdin berharap nelayan meningkatkan manajemen pengelolaan hasil tangkap dan budidaya, termasuk manajemen bisnisnya.

“Jangan habis panen tak ada modal lagi,” kata Nurdin.

Sebagai orang yang pernah juga hidup dengan menjual beli ikan, Nurdin menyampaikan pentingnya pengelolaan yang baik. Ia sering menemui toke pembeli ikan yang melakukan banyak cara agar mendapat harga murah dari nelayan yang sedang berlimpah panen ikan keramba.

Ia ingin para nelayan terus belajar tentang manajemen pasar agar tidak menjadi korban. Masyarakat nelayan juga diajaknya untuk menahan sifat-sifat konsumtif.

“Kadang, dah dapat duit bukan beli bibit baru tapi beli kendaraan motor,” katanya.

Nurdin berpesan, bantuan-bantuan pemerintah jangan sampai tidak bermanfaat bagi nelayan. Ia banyak menerima laporan, bantuan dari pemerintah tak jelas lagi setelah sampai kepada penerima.

“Ada bantuan kapal, mesinnya dimana, kapalnya pun entah di mana,” katanya.

Ia pun mengingatkan instansi pemerintah pemberi bantuan agar lebih selektif dalam mmeberi bantuan kepada nelayan.

“Beri bantuan yang benar-benar bermanfaat, bukan asal ada proyek,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com