SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Harga Premium Tak Naik hingga Maret 2018

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Desember 2017 | 17:17
  • Dibaca : 76 kali
Harga Premium Tak Naik hingga Maret 2018
ilustrasi

JAKARTA – Pemerintah memutuskan tarif listrik dan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar tidak akan naik hingga 31 Maret 2018. Keputusan itu merupakan hasil kesepakatan antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Pertamina (persero).

“Tarif tetap atau sama dengan periode tiga bulan terakhir pada tahun ini. Jadi, tidak ada kenaikan karena memang penetapan tarif setiap tiga bulan,” ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan di Jakarta kemarin.

Menurut Jonan, penetapan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif listrik dan BBM bersubsidi ini karena mempertimbangkan daya beli masyarakat. Untuk penetapan tarif selanjutnya, akan diputuskan sebelum 1 April 2018. “Untuk selanjutnya bagaimana. Ya, selanjutnya akan dilihat lagi karena ini penetapannya setiap tiga bulan,” ujarnya.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, harga minyak dunia memang mengalami kenaikan tahun ini. Berdasarkan data terakhir pada November 2017, harga minyak dunia menembus USD50 per barel atau lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada 2016 USD38 per berel. “Tapi kita akan lihat ini di 2018. Apakah dia naik atau tidak,” kata Elia.

Elia mengaku arus kas Pertamina masih cukup aman. Pasalnya, laba Pertamina masih cukup besar. “Kemarin kan laba di USD1,9 miliar, hampir USD2 miliar. Jadi, cash flow tidak ada gangguan,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Menurut Sofyan, pada prinsipnya PLN memahami keinginan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif dalam tiga periode ke depan. Untuk itu, PLN akan terus melakukan efisiensi berbagai komponen biaya.

“Ini akan kami lakukan dalam tiga bulan. Secara cash flow masih cukuplah, kan ada pembayaran subsidi dari pemerintah dan itu memperkuat kami punya cash flow ,” ujarnya.

inews

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com