SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Imigrasi Tolak 177 Pemohon Paspor

  • Reporter:
  • Rabu, 4 Juli 2018 | 11:23
  • Dibaca : 226 kali
Imigrasi Tolak 177 Pemohon Paspor
Pegawai Imigrasi Karimun memeriksa data calon pemohon yang akan melakukan perekaman data di Kantor Imigrasi Karimun, beberapa waktu lalu. f ricky robiansyah

KARIMUN – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun menolak penerbitan paspor sebanyak 177 orang selama tahun 2018. Jumlah ini menjadikan Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun sebagai peringkat keempat terbanyak se-Indonesia setelah Kantor Imigrasi Medan, Pontianak dan Jember yang menolak penerbitan paspor.

Adapun penundaan atau penolakan pembuatan paspor atau penundaan keberangkatan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) adalah program dari Dirjen Imigrasi. Tujuannya agar para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja sesuai prosedur, sehingga negara dapat memberikan perlindungan di segi hukum.

“Kami Kanim (Kantor Imigrasi) keempat se-Indonesia terhitung dari 1 Januari sampai 22 Juni. Itu merupakan penilaian dari Dirjen Imigrasi,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Kristian, Selasa (3/7).

Berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, jumlah penundaan penerbitan paspor tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun 2017, yakni sebanyak 187.

Ia menjelaskan, alasan penolakan tersebut dikarenakan para pemohon terindikasi pergi keluar negeri sebagai TKI non prosedural. Umumnya para pemohon adalah orang yang bredomisili di Kabupaten Karimun yang ingin berangkat ke Malaysia.

“Penilaian bisa dilihat dari masa dia berangkat ke luar negeri. Biasanya setiap bulan mereka berangkat ke luar negeri lebih dari dua minggu. Kami lihat di pekerjaannya juga, biasanya pekerja lepas atau informal,” katanya.

Menurut Kristian, para pemohon paspor yang ingin bekerja ke luar negeri hendaknya dapat melalui prosedur yang telah ada atau setidaknya para pemohon tersebut harus memiliki surat rekomendasi dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Karimun. “Ada di dalam persyaratan paspor, yakni harus memiliki surat rekomendasi dari Disnaker,” ujarnya. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com