SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Istri Pengusaha Senior Itu Berpulang

  • Reporter:
  • Jumat, 22 September 2017 | 10:14
  • Dibaca : 27566 kali
Istri Pengusaha Senior Itu Berpulang
Suasana di rumah duka pengusaha senior di Batam, Tan Akie. / AGUNG DEDI LAZUARDI

BATAM – Minah (68), istri pengusaha senior Tan Akie telah berpulang, Kamis (21/9/2017) sekira pukul 18.00. Wanita yang akrab disapa Nyonya Tan Akie itu sudah 10 tahun berjuang melawan penyakit yang dideritanya.

Sebelum meninggal, Nyonya Tan Akie sempat menjalani perawatan selama 15 hari di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Batam. Berbagai pengobatan juga telah dijalani, baik di rumah sakit dalam negeri maupun luar negeri.

Dari RSBK Batam, jenazah kemudian dibawa dan sampai ke rumah duka Batu Batam sekira pukul 20.00. Para kerabat, keluarga, dan rekan-rekannya tampak memadati rumah duka. Mereka tidak hanya berasal dari Batam, tapi juga datang dari Tanjungpinang, Bintan, dan daerah lainnya.

Nyonya Tan Akie meninggalkan suami Tan Akie (73) dan anak, yakni Randy Tan, Danir Tan, Sun Kim Tjen, Srinah, dan Cristina. Wanita kelahiran Tanjungpinang ini dikenal bertangan dingin saat merintis usaha bersama suaminya pada 1972 silam.

“Kami bersama-sama meniti usaha di Batam,” kenang Tan Akie, sang suami.

Tan Akie menceritakan, sejak menikah mereka tinggal di kawasan Jodoh. Keduanya berusaha keras hingga akhirnya sukses mengembangkan usahanya di Batam.

“Kami tidak ada apa-apa waktu pertama datang kesini. Tapi dia (istri) telaten dan sukses di perantauan,” katanya.

Menurut Tan Akie, sang istri selalu memberikan kebaikan kepada semua orang selama hidupnya. Terbukti, pembangunan yang mereka lakukan banyak bersentuhan dengan kemanusiaan.

“Dia membangun sekolah, salah satu pendiri Vihara Maitereya Seipanas, dan lainnya,” ungkapnya.

Jejak-jejak bangunan yang dikerjakan juga masih terlihat kokoh sampai sekarang. Seperti Gedung Beringin di Sekupang yang waktu itu merupakan kebanggaan warga Batam sebagai gedung pertunjukan dan berbagai keperluan.

“Ia bersama saya juga pengusaha pertama yang memiliki transportasi ke Singapura,” kata Tan Akie.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com