SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jukir Liar Picu Kebocoran Restribusi

  • Reporter:
  • Senin, 19 Maret 2018 | 08:32
  • Dibaca : 107 kali
Jukir Liar Picu Kebocoran Restribusi
Juru parkir di kawasan Puabahari Nagoya. Foto Arrazy Aditya.

BATAM KOTA – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam dari retribusi parkir di triwulan pertama tak mencapai target. Dari target sebesari Rp1,6 miliar, hanya tercapai sekitar Rp1,3 miliar. Banyaknya juru parkir (jukir) liar menjadi pemicu utama kebocoran pendapatan retribusi parkir.

“Dinas Perhubungan (Dishub) harus maksimal melakukan pengawasan dan penertiban. Jika hal ini tidak dilakukan pastinya akan sulit mencapai target yang sudah ditetapkan,” kata Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Jeffry Simanjuntak di Batam Centre, Minggu (18/3/2018).

Dia menilai, keberadaan Jukir liar makin meresahkan. Sebab, selain tidak terdaftar di Dishub, jukir liar sering menarik uang parkir di atas tarif yang ditetapkan. Menurut Jeffry, apa yang dilakukan Jukir liar itu bisa dikategorikan tindak pidana karena ada unsur pemerasan.

Bahkan, sambungnya, ancaman Tindak Pidana Ringan (Tipiring) bagi jukir liar dinilai tidak efektif membuat mereka kapok. Oleh sebab itulah harus ada sanksi tegas sehingga benar-benar ada efek jera bagi jukir liar. Selain meresahkan, jukir liar ini sangat merugikan pemerintah daerah, terutama dalam sektor retribusi parkir.

Politisi PKB ini menjelaskan, kalau hanya tipiring, ketika denda dibayar mereka bebas berkeliaran lagi mengulangi hal yang sama. Sebab, sama sekali tak ada efek jera. “Akan lebih baik, mereka dimasukan penjara dengan unsur pemerasan,” ujarnya.

Jeffry mendorong Pemko Batam segera menerapkan sistem komputerisasi dalam pengelolaan parkir di Batam. Pendapatan atau retribusi parkir di Batam belum mampu memenuhi target, bahkan pendapatan di sektor ini masih banyak yang hilang.

“Pengelolaan retribusi parkir dengan metode komputerisasi harus digesa agar mampu menekan kebocoran atau hilang akibat masih banyaknya parkir liar,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com