SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kapal Pengangkut Tempurung Kelapa Tenggelam

  • Reporter:
  • Selasa, 2 Oktober 2018 | 13:38
  • Dibaca : 128 kali
Kapal Pengangkut Tempurung Kelapa Tenggelam
Pemilik kapal menyelamatkan diri setelah kapalnya tenggelam di perairan 1 mil dari Pelabuhan Dabo Singkep, Lingga, Minggu (30/9) SIANG.

LINGGA – Kapal kayu bermuatan tempurung kelapa KM Bayu Samudra GT 6 tenggelam di perairan sekitar 1 mil dari Pelabuhan Dabo Singkep, Lingga, Minggu (30/9) pukul 12.00.

“Kita sudah identifikasi seluruh anak buah kapal dan saat ini kita bawa ke Dabo Singkep untuk mendapat perawatan medis dan menghilangkan trauma,” kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Lingga Kompol H Rusdwiantoro di Mapolres Lingga, Senin (1/10).

KM Bayu Samudra GT 6 mengalami musibah kebocoran hingga tenggelam, di perairan satu mil dari pelabuhan Dabo Singkep pada titik koordinat 0°29.919′ S-104°35.316′ E.

Rusdwiantoro mengatakan, kapal kayu warna cokelat tersebut bermuatan tempurung kelapa. Kapal berlayar dari Pelabuhan Dabo Singkep menuju Batam. Namun tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan sehingga kapal terbawa arus, menghantam karang, bocor, akhirnya tenggelam.

Saat itu, Nasaruddin (45), nakhoda kapal sekaligus pemilik kapal asal Jambi beserta anak buahnya berusaha menyelamatkan kapal. Namun tak mampu mengatasi kebocoran kapal. “Sejumlah nelayan yang mengetahui kejadian tersebut mencoba memberikan pertolongan dan menghubungi pihak berwajib,” kata Rusdwiantoro.

Anggota Polairud Polres Lingga yang mendapat laporan langsung mendatangi lokasi dan memberikan pertolongan. Lantaran arus deras dan sebagian badan kapal tengelam, kapal tak dapat diselamatkan, lalu karam berikut barang muatannya.

“Kita mengimbau dan meminta para penguna sarana trasportasi laut untuk selalu waspada dan berhati-hati. Twrutama saat kondisi alam tidak menentu. Kita berharap untuk lebih mengutamakan keselamatan,” kata Rusdwiantoro.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com