SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan Burung Kacer

  • Reporter:
  • Selasa, 30 Juli 2019 | 21:26
  • Dibaca : 174 kali
Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan Burung Kacer
Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan memberikan keterangan saat ekspose pengungkapan penyelundupan burung Kacer dari Malaysia di Mako Lanal Batam, Selasa (30/7). f arrazy aditya

BATUAMPAR – Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam berhasil mengagalkan penyelundupan burung 460 ekor burung Kacer di Pulau Kasam, Telagapunggur, Minggu (28/7) sekira pukul 4.30.

“Namun sayang pelaku berhasil melarikan diri dengan cara mengandaskan speedboad berkapasitas mesin 40 PK,” kata Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan di Mako Lanal Batam, Selasa (30/7).

Kata Alan, sebelum digagalkannya penyelundupan burung Kacer, terlebih dahulu tim F1QR mendapatkan info dari masyarakat. Selanjutnya tim melakukan upaya penyekatan dengan membagi sektor-sektor yang akan dilalui.

Dari hasil pengumpulan data, sambungnya, didapat keterangan bahwa akan ada kegiatan penyelundupan satwa (burung) dari Malaysia ke Batam melalui Nongsa dan Barelang yang diindikasikan membawa Narkoba. Berdasarkan Informasi tersebut Tim F1QR begerak menuju karang Galang untuk melaksanakan penyekatan di jalur yang akan dilewati oleh penyelundup.

Kepala Karantina Pertanian Batam Joni Anwar mengatakan, aksi penyelundupan burung sudah sering terjadi di Batam. Pihaknya mengkhawatirkan adanya penyakit yang berbahaya dari burung-burung tersebut.

“Kami tidak ada masalah mau bawa burung ke sini, asalkan sesuai dengan prosedur. Karena kami takutkan adanya penyakit berbahaya seperti flu burung. Burung jenis ini merupakan hama di Malaysia,” ungkapnya.

Kata dia, melalui pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam (BKSDA) diharapkan bisa mengetahui penyakit yang diderita burung-burung tersebut. Tapi apabila tidak ditemukan penyakit, maka akan dilepas liarkan di hutan yang sudah ditunjuk. “Kami periksa kesehatannya dulu, kalau bebas penyakit akan kami lepas liarkan,” ujarnya. tengku bayu

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com