SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

MUI Tanjungpinang Gelar Musda I

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Maret 2017 | 10:52
  • Dibaca : 633 kali
MUI Tanjungpinang Gelar Musda I
Wali Kota Tanjungpinang Syahrul.

PINANG KOTA-Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengatakan, agama mempunyai kedudukan dan peranan sangat krusial dan strategis sebagai landasan spritual, moral dan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Agama sebagai sistem nilai seharusnya dipahami, dihayati dan diamalkan dengan baik oleh seluruh pemeluknya, mulai dari tataran individual, keluarga, hingga masyarakat,” kata Syahrul saat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) I Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tanjungpinang di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Rabu (15/3).

Menurut dia, untuk mewujudkan masyarakat agamis diperlukan upaya sungguh-sungguh dari semua pihak dalam mengimplementasikan nilai agama.”Semua berperan penting, terutama para ulama, zuama dan cendikiawan muslim yang dinaungi oleh MUI,” ujar Syahrul.

Dia mengatakan, MUI sebagai rumah besar para ulama dan cendikiawan muslim, diharapkan terus memberikan bimbingan serta tuntutan kepada umat dalam mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang diridhoi oleh Allah SWT. “MUI sebagai organisasi alim ulama Islam dan cendikiawan muslim harus dapat memberi pandangan mengenai permasalahan keagamaan dan kemasyarakatan kepada pemerintah dan masyarakat,” kata Syahrul.

Menurut dia, keberadaan MUI diperlukan menjadi jembatan antar ulama dan umaro, guna mensukseskan pembangunan daerah. Sekaligus meningkatkan kegiatan mempererat ukhuwah Islamiyah dan saling mendukung mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa. “Setiap unsur organisasi adalah aset pemerintah yang bisa bersama-sama bersinergi untuk membangun Kota Tanjungpinang,” ujar Syahrul.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada pengurus MUI sebelumnya, atas pengabdian yang telah dijalankan. “Kepada pengurus MUI terpilih nantinya, selamat bertugas dan jalankan amanah yang diberikan untuk kemaslahatan bagi umat di Kota Tanjungpinang,” katanya.

Edi Safrani Sekretaris Umum MUI Kepri mengatakan, Musda I MUI menetapkan kebijakan dan menyusun program kerja lima tahun ke depan. Sebagai penjabaran dari program kerja MUI, sekaligus memilih pimpinan MUI Kota Tanjungpinang masa bakhti 2017-2022. “Hampir seluruh pengurus MUI kabupaten/Kota habis masa kepemimpinannya. MUI Kepri mengimbau setiap kepengurusan MUI kabupaten/kota mengadakan musda untuk memilih kepengurusan baru,” kata Edi.

Dia mengatakan, kepengurusan MUI terdiri dari unsur MUI kecamatan, utusan organisasi Islam, pondok pesantren, utusan perguruan tinggi, serta unsur TNI. Nantinya akan terpilih 11 orang formatur. Pengurus baru nantinya diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun kebaikan bagi kehidupan umat. “Mari bangun umat dengan pendidikan, pererat ukhuwah di hati masing-masing, agar MUI Kota Tanjungpinang bisa menjadi contoh bagi derah lain,” kata Edi

Ketua MUI Kota Tanjungpinang periode 2012-2017 Bambang Maryono menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan selama memimpin MUI Kota Tanjungpinang. “Saya mohon maaf apabila ada kekurangan selama menjabat sebagai ketua MUI. Kekurangan saya bisa dipenuhi oleh pimpinan MUI yang baru nanti,” kata Bambang.

Musyawarah Daerah (Musda) I MUI Kota Tanjungpinang mengusung tema, dengan semangat konsolidasi MUI Kota Tanjungpinang, kita tingkatkan kerja sama ulama Umaro menuju Tanjungpinang makmur. Musda berlangsung 15-16 Maret dihadiri Ketua LAM Kepri, Kepala Bagian Kesra, TNI, ulama, cendikiawan, tokoh agama, dan organisasi agama di Kota Tanjungpinang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com