SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman Dikonsumsi

  • Reporter:
  • Kamis, 9 Agustus 2018 | 13:52
  • Dibaca : 81 kali
Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman Dikonsumsi
Peternak memberi makan sapi untuk kurban di kandang Pak Amin, Bengkong Sadai, kemarin. Dinas KP2 menerjunkan tim dokter memeriksa kesehatan hewan kurban. f teguh prihatna

SEKUPANG – Dinas Kelauatan, Pertanian dan Peternakan (KP2) Batam menurunkan tim pengawas ke sentra peternakan untuk memantau kondisi kesehatan hewan dan layak dikonsumsi serta memberikan rasa aman kepada masyarakat jelang Hari Raya Idul Adha.

“Kami sudah mengirimkan tim pengawas hewan kurban. Tugas mereka mengecek kondisi kesehatan hewan kurban seperti sapi dan kambing di tempat penjualan apakah sehat atau tidak,” kata Kadis P2 Batam, Mardanis, Rabu (8/8).

Mardanis mengatakan, tim pengawas menyisir ke sentra peternakan hewan di 12 kecamatan yang ada di Batam, dan difokuskan pada pemberantasan penyakit parasit atau cacingan, penyakit mulut dan kuku, serta penyakit lainnya.

Secara umum hewan yang sehat dapat dilihat dari postur tubuhnya yang proporsional dan bagus, tidak pincang, lincah, nafsu makan dan minum, serta umurnya harus cukup.
“Untuk jumlahnya kami belum mendapatkannya, karena saat ini masih dalam proses pengumpulan data,” ujarnya.

Jika nanti tim kesehatan hewan menemukan sapi atau kambing yang tidak sehat untuk kurban, Dinas KP2 tidak akan memberikan surat keterangan layak dan sehat. “Hewan kurban yang sehat nanti kami beri tanda kepada hewan ternak, dan masyarakat dapat membeli hewan yang sudah di cek kesehatannya,” kata Mardanis.

Ia mengimbau kepada panitia pelaksana hewan kurban sebaiknya menyembelih hewan kurban yang cukup usia. Jika kurban sapi, maka usia layak minimal 2 tahun, sedangkan kurban kambing minimal usia 1 tahun. “Ya kalau bisa usahakan tidak memotong sapi atau kambing yang masih produktif untuk kurban,” katanya.

Penjual hewan kurban Domba Abang (Doa) di Bengkong Sadai, Acmad Rafiq mengatakan, ia memiliki banyak stok hewan kurban untuk Idul Adha tahun ini. Ada 400 ekor kambing dan 150 ekor sapi yang disiap dijual ke masyarakat. “Untuk hewan kurban stoknya cukup banyak tahun ini, karena kami menyediakan hewan kurban jauh sebelum Hari Raya Idul Fitri lalu,” katanya.

Sedangkan harga hewan kurban bervariasi, baik kambing maupun sapi. Harga kambing dengan berat 18-20 kg harganya Rp2,5 juta, berat 23-28 kg Rp2,8 juta, dan berat 28-32kg dijual seharga Rp3 juta. “Harga sapi berkisar Rp16-35 juta. Tergantung pembeli yang mana yang mau,” ujarnya.

Kesehatan hewan ditempat penjualannya sudah diperiksa oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dan karantina, dan dinyatakan sehat. “Tim pengawas kesehatan hewan kurban mengambil sample darah, dan memeriksa kuku serta mulut hewan,” kata Achmad. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com