SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PDAM Tunggu Perbup Naikan Tarif

  • Reporter:
  • Selasa, 10 Juli 2018 | 10:02
  • Dibaca : 85 kali
PDAM Tunggu Perbup Naikan Tarif
Ilustrasi Foto RICKY ROBIANSYAH

KARIMUN – PDAM Tirta Karimun menunggu Peraturan Bupati (Perbup) terkait rencana kenaikan tarif air minum. Kenaikan tarif ini telah disetujui pada Febuari lalu oleh DPRD Karimun. Penerapan tarif baru tersebut akan diterapkan Maret, namun hingga kini masih belum terealisasi.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun sedang membahas Peraturan Bupati (Perbup) dan ditargetkan bisa selesai pada pertengahan Juli. Penerapan tarif baru nantinya dapat direalisasikan setelah Perbup selesai.

“Kemarin sudah disampaikan ke dewan, dan itu sudah diusulkan. Saat ini kami sedang membuat perbupnya, dan perkirakan pertengah bulan ini rencananya sudah diterapkan,” ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Sahan (RUPS) PDAM Tirta Karimun di Kediaman Dinas Bupati Karimun, belum lama ini.

Menurut Rafiq, kebijakan menaikkan tarif air PDAM itu atas pengajuan manajemen PDAM Tirta Karimun. Tujuannya, selain meningkatkan kualitas pelayanan juga untuk meningkatkan ketersediaan air.

Salah satu alasan lainnya atas kebijakan tersebut, diharapkan pendistribusian air PDAM ke pelanggan lebih lanca dan tidak macet lagi seperti yang dikeluhkan pelanggan.

“Tarif air kita ini termasuk yang paling murah. Per kubiknya sama dengan lima drum, yakni seharga Rp2.500. Dibandingkan dengan air lori yang per kubiknya mencapai Rp10.000,” ujarnya.

Ia menambahkan, kenaikan tarif dinilai sudah termasuk hal yang wajar. Dimana, biaya yang saat ini tidak dapat menutup biaya operasional yang dibutuhkan. Sebelum penerapan tarif baru PDAM diminta untuk dapat mensosialisasi kepada masyarakat agar tidak menimbulkan masalah.

“Kami akan sosialisasikan kepada masyarakat melalui radio dan media. Untuk itu perlu kerja sama semua, karena ini milik pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com