SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelabuhan Berakit Beroperasi Awal 2018

  • Reporter:
  • Jumat, 17 November 2017 | 11:15
  • Dibaca : 124 kali
Pelabuhan Berakit Beroperasi Awal 2018
Pengerukan ulang alur pelabuhan tanjungberakit. M ROFIK

TELUK SEBONG – Pelabuhan Feri Internasional Tanjungberakit, Bintan ditargetkan beroperasi Februari tahun depan. Namun, hingga saat ini belum ada operator feri rute Bintan-Singapura dan Malaysia mengajukan izin.

Kepala Dinas Perhubungan Bintan Yandrisah mengatakan, telah menghubungi sejumlah perusahaan pelayaran untuk mengoperasikan kapalnya melayani rute Bintan-Malaysia dan Bintan Singapura (PP). Namun, operator mengaku belum siap, alasannya belum dapat memperkirakan jumlah penumpang dari Johor, Malaysia ke Berakit atau sebaliknya. Begitu juga rute Berakit-Singapura dan sebaliknya. “Perusahaan pelayaran takut rugi, kalau tidak ada penumpang,” kata Yandrisah di Toapaya, Kamis (16/11/2017).

Menurut dia, apabila hingga Februari tahun depan, belum ada operator feri yang bersedia membuka jalur pelayaran Berakit-Johor, Malaysia dan Singapura, pihaknya akan menggandeng perusahaan pelayaran potensial di Lagoi. “Kalau hingga batas waktu, tidak ada operator kapal bersedia membuka pelayaran, saya akan menawarkan ke Bintan Resort Feries yang saat ini melayani pelayaran Bintan Resort Lagoi-Fery Terminal Tanah Merah, Singapura,” ujar Yandrisah.

Dia mengatakan, fasilitas Pelabuhan Internasional Tanjungberakit telah dilengkapi fasilitas pendukung, seperti Kantor Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan Syahbandar (CIQP). Begitu juga dengan pendalaman alur kapal, saat ini sedang dikerjakan. Diperkirakan, akhir tahun akan selesai dan dapat dilewati kapal. “Hampir keseluruhan fasilitas pendukung telah lengkap, hanya metal detector untuk pemeriksaan belum tersedia. Secara umum semua fasilitas pendukung telah tersedia, tinggal beroperasi saja,” kata Yandrisah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com