SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pelabuhan Dompak Rawan Penyelundupan

Pelabuhan Dompak Rawan Penyelundupan
Kepala KKP SBP Tanjungpinang Kompol Darmawan. /Muhammad Bunga Ashab

PINANG – Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang memperketat pengawasan Pelabuhan Dompak dan Sri Payung Batu 6. Pengetatan dilaksanakan polisi untuk mengantisipasi masuk dan keluarnya barang-barang dan penyelundupan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal lewat Tanjungpinang.

Kepala KKP SBP Tanjungpinang Kompol Darmawan mengatakan, petugas terus memperketat pengawasan dan pencegahan barang-barang yang masuk ke Tanjungpinang, baik lewat pengiriman ekspedisi dan perorangan. Menurut dia, banyak barang-barang ilegal masuk lewat pelabuhan yang tidak membayar pajak sehingga merugikan pemerintah.

“Kami perketat pemgawasan pengiriman ekspedisi dan perorangan. Yang rawan itu banyak lewat Pelabuhan Dompak dan Sri Payung Batu 6,” katanya di Tanjungpinang, Minggu (11/3/2018).

Darmawan menuturkan, keberadan pelabuhan tikus menjadi celah bagi para penyelundup barang-barang ilegal. Sebab, masyarakat membangun pelabuhan tidak resmi untuk keperluan yang ilegal, seperti menyelundupkan barang-barang atau pun TKI ilegal. Ada beberapa pelabuham resmi yang dibangun pemerintah seperti Pelabuhan SBP, Dompak, Sri Payung, dan Sungaijang. Untuk pengawasan pelabuhan, masing-masing instansi terkait telah menempatkan petugasnya dalam melakukan pencegahan dan pengawasan kegiatan ilegal.

“Pelabuhan tikus ini dimanfaatkan penyelundup untuk memasukkan barang-barang ilegal. Kami terus memantau dan mengawasinya,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com