SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pengelolaan Hutan Harus Sesuai Prosedur

  • Reporter:
  • Kamis, 21 Februari 2019 | 13:40
  • Dibaca : 184 kali
Pengelolaan Hutan Harus Sesuai Prosedur
Alias Wello Bupati Lingga

LINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga bersama Direktorat Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial (PKPS) Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Perhutanan Sosial di Gedung Nasional Dabo Singkep, Rabu (20/2).

“Maksud dan tujuan dari FGD ini adalah untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat, bahwa pengelolaan kawasan hutan itu bukanlah sesuatu yang haram. Yang penting, tata cara dan prosedur pengelolaannya harus sesuai aturan dan perundang-undangan,” kata Bupati Lingga, Alias Wello.

Menurut Awe, sapaan akrab Bupati Lingga ini, pemberian akses pengelolaan kawasan hutan melalui program perhutanan sosial tersebut, merupakan salah satu program unggulan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. “Pemerintah menargetkan realisasi perhutanan sosial tahun ini seluas 4,3 juta hektar dan ditargetkan selesai pada tahun 2021 dengan luas 12,7 juta hektar. Sayangnya, informasi ini tak tersosialisasi dengan baik hingga ke Lingga. Karena itu, saya berinisiatif menggelar FGD ini,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor P. 83/ MENLHK/ SETJEN/ KUM. 1/ 10/ 2016 tentang Perhutanan Sosial, pengertian perhutanan sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan di dalam kawasan hutan negara atau hutan hak atau adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Adapun bentuk perhutanan sosial sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri LHK tersebut, berupa hutan desa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, hutan rakyat, hutan adat dan kemitraan kehutanan. “Sedangkan pelaku utama dalam pengelolaan perhutanan sosial adalah masyarakat setempat atau masyarakat hukum adat,” katanya. jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com