SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perairan Anambas Aman, Bantah Adanya Perompakan Kapal Korsel

  • Reporter:
  • Rabu, 24 Juli 2019 | 09:43
  • Dibaca : 118 kali
Perairan Anambas Aman, Bantah Adanya Perompakan Kapal Korsel
Aktivitas nelayan di Kabupaten Anambas, belum lama ini. f IST

ANAMBAS – Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra protes terhadap pemberitaan salah satu media internasional yang menyebutkan kejadian perompakan kapal kargo Korea Selatan yang berlayar dari Brazil menuju Korea Selatan itu dirampok di perairan Natuna Utara atau berdekatan dengan perairan Anambas.

Wakil Bupati Anambas begitu mendapat informasi itu langsung membuat langkah dengan mengirimkan surat protes melalui Gubernur Kepri ke Kementerian Luar Negeri.

“Kita sangat yakin perairan Anambas ini sangat aman. Jangan hanya karena berita sepihak kita yang dirugikan karena hal itu berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan dan investor yang akan masuk ke Anambas,” kata Wan Zuhendra bersama Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad dan Kapolres Anambas AKBP Junoto di kediamannya, Selasa (23/7).

Wakil Bupati Anambas itu juga telah koordinasi dengan instansi terkait atas adanya informasi tersebut. Bahkan dirinya sangat yakin jika warga Anambas tidak ada pelaku rompak apalagi dengan posisi kecepatan kapal yang dikabarkan bisa mencapai 20 sampai 30 knot.

“Ini harus clear, saya sangat yakin sekali jika perompakan yang diberitakan media lainnya itu berada di Selat Singapura. Jadi dengan adanya pemberitaan itu sangat merugikan Kabupaten Kepulauan Anambas,” katanya.

Sementara Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad mengatakan, begitu mendapat informasi itu pihaknya sudah koordinasi dengan Lantamal IV dan Bakamla. Saat ini sudah ada dua KRI yang sedang patroli di sekitar lokasi yang disebutkan namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda kejahatan yang dimaksud.
“Begitu dapat informasi, kami langsung koordinasi dengan pimpinan yaitu Lantamal dan Bakamla. Saat itu juga dikerahkan dua unsur KRI untuk mengecek lokasi titik koordinat yang disampaikan ternyata tidak ada,” ujarnya.

Kapolres Anambas AKBP Junoto menambahkan, saat ini sudah ada kapal dari Dit Polair Polda Kepri sedang patroli di wilayah Perairan Jemaja. Sampai saat ini belum ada temuan yang mencurigakan bahkan kapal patroli tersebut melakukan pengecekan pulau-pulau kosong di sekitar lokasi.

“Dari Polair Polda Kepri telah menurunkan satu kapal patroli, kapal Yudistira. Ini sudah kita koordinasikan untuk mencari kebenaran informasi itu,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com