SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PLN Akan Terapkan Digitaliasi Kelistrikan

  • Reporter:
  • Rabu, 7 Maret 2018 | 14:19
  • Dibaca : 252 kali
PLN Akan Terapkan Digitaliasi Kelistrikan
Direktur Utama PT PLN Batam Dadan Koerniadipoera.

BATAM KOTA – PLN Batam berencana menerapkan digitalisasi kelistrikan untuk penghematan atau efisiensi bahan bakar di setiap pembangkit. Kelistrikan yang modern merupakan terobosan baru dalam dunia kelistrikan, dan nantinya bisa mengakomodasi seluruh data lalu menghasilkan suatu rekomendasi baru.

Direktur Utama PT PLN Batam Dadan Koerniadipoera mengatakan, pihaknya akan segera melakukan uji coba digitalisasi kelistrikan. Setelah itu akan menyewa konsultan agar digitalisasi dapat segera diimplementasikan. Uji coba dinilai perlu untuk dilakukan terlebih dahulu karena mengingat investasi yang cukup besar.

“Kami perlu melakuka uji coba terlebih dahulu sebelum menerapkan sistem ini di PLN Batam,” ujarnya di Batam Centre, Selasa (6/3/2018).

Jika sistem ini diterapkan, sambungnya, akan lebih mudah memonitor seluruh pembangkit yang tersebar secara tersentral sehingga bisa menerapkan langkah-langkah efisiensi dengan cepat. Ditargetkannya dalam jangka waktu tiga atau sampai empat tahun ke depan, PLN Batam bisa mewujudkan digitalisasi kelistrikan.

Dadan mengaku sampai saat ini belum mengetahui pasti berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk mewujudkan digitalisasi kelistrikan. Hal itu bisa diketahui setelah nanti dilakukan uji coba, tapi yang jelas menurut dia membutuhkan biaya yang tidak sedikit. “Saya belum bisa menyampaikan berapa rupiah. Setelah uji coba baru ketahuan besar nilai investasinya berapa,” kata Dadan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com