SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PNS Boleh Hadiri Kampanye

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Januari 2018 | 11:42
  • Dibaca : 41 kali
PNS Boleh Hadiri Kampanye
ilustrasi

PINANG KOTA – Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono menyatakan, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Pemerintah Kota Tanjungpinang mempersilakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) menghadiri kampanye. Namun mereka dilarang menggunakan atribut dan fasilitas negara. Menurut dia, aturan memperbolehkan PNS menghadiri kampanye karena netralitas PNS berbeda dengan netralitas TNI/Polri.

Aturan yang membolehkan PNS menghadiri kampanye tak lepas dari melekatnya hak pilih pada mereka. Riono mengatakan, sebagai pemilih, PNS berhak mengetahui visi dan misi para kontestan sebelum menentukan pilihan.

“Jika tidak mengetahui program kerja calon, bagaimana kita mau menentukan pilihan,” ucap Riono di Tanjungpinang, Senin (8/1/2018).

Dalam pilkada, PNS diminta netral, namun tidak dilarang memilih dan mengetahui program yang ditawarkan para calon. Menurut Riono, para PNS hanya dilarang terlibat langsung sebagai tim sukses. Selain itu, mereka juga dilarang menggunakan atribut jagoannya karena dikhawatirkan akan mempengaruhi standar pelayanan terhadap masyarakat.

“Menunjukkan pilihan dan mengajak memilih pasangan tertentu juga tidak boleh, misalnya selfie dengan tangan menunjukkan tanda tertentu yang mengajak orang memilih pasangan tertentu, itu tidak boleh juga,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com