SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polda Kepri Beri Penghargaan 21 Anggota PDRM

  • Reporter:
  • Rabu, 19 April 2017 | 11:25
  • Dibaca : 493 kali
Polda Kepri Beri Penghargaan 21 Anggota PDRM
Polda Kepri memberikan penghargaan kepada PDRM dan anggota Polri atas keberhasilan pengungkapan kasus penculikan warga negara Malaysia. Foto Teguh Prihatna.

SEIBEDUK – Polda Kepri memberikan penghargaan kepada 21 anggota Polisi Diraja Malaysia (PDRM) atas keberhasilan bersama-sama mengungkap penyekapan Kuang Leng Leng, warga Malaysia di Seitemiang.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian di Ballroom Sisoding Hotel Best Western Premier Panbil, Senin (18/4). Sam mengatakan, pemberian penghargaan kali ini sebagai kunjungan balasan yang dilakukan oleh PDRM, setelah sebelumnya tim gabungan Polri berhasil mengungkap kasus penculikan warga Malaysia diberikan penghargaan. “Ini penghargaan balasan kepada PDRM atas kerja sama yang telah terjalin,” ujarnya.

Dengan terjalinnya kerja sama antar dua institusi, diharapkan mampu meningkatkan keamanan strategis antar kedua belah pihak. Selain itu, kerja sama juga terkait dengan stabilitas keamanan di masing-masing negara, terutama kejahatan transnasional seperti penyelundupan manusia, penyelundupan barang illegal termasuk narkoba, perdagangan manusia, illegal fishing dan illegal mining. “Ini dalam rangka menjaga keamanan masing-masing negara dan sebagai upaya meningkatkan lagi kerja sama antar kedua belah pihak,” kata jenderal bintang dua ini.

Sam berharap, penandatanganan nota kesepahaman antara Polda Kepri dengan Kepolisian Johor malaysia dapat meminimalisir kejahatan lintas negara yang timbul dan berpotensi menimbulkan gangguan terhadap keamanan di wilayah perbatasan kedua negara. “Saya berharap penanggulangan kejahatan antar dua negara bisa berjalan efektif,” ujarnya.

SAC Dato Kamarul Zaman Bin Mamat yang mewakili PDRM mengatakan, penghargaan ini sebagai wujud kerja sama antara dua belah pihak, terlebih kepada tim gabungan Polri yang telah membantu mengungkap kasus penculikan lintas negara. “Saya percaya hubungan yang sudah terjalin ini akan terus dipereratkan. Kunjungan ini akan terus dilakukan dari masa ke masa agar mendatangkan faedah bagi dua negara,” kata Kamarul.

Seperti diketahui, Tim Gabungan Mabes Polri dan Polda Kepri berhasil mengamankan empat pelaku penyekapan terhadap Kuang Leng Leng, Warga Malaysia, selama 23 hari di Seitemiang yang meminta tebusan lima juta dolar Singapura.

Pembebasan sandera dilakukan Minggu sekitar pukul 05.00. Empat tersangka ditangkap dan korban berhasil diselamatkan dari lokasi penyekapan. Keempat pelaku yang berhasil diamankan adalah KMS, PC, DV, HT seluruhnya warga negara Indonesia.

Kasus ini merupakan bagian dari pengungkapan pelaku lain di Malaysia oleh PDRM. Penculikannya di Malaysia dan selanjutnya dibawa ke Batam dan disekap. Penculik ingin minta tebusan lima juta dolar pada keluarga korban.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com