SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polindes Pulau Bukit Tanpa Petugas Kesehatan

  • Reporter:
  • Senin, 26 November 2018 | 11:43
  • Dibaca : 211 kali
Polindes Pulau Bukit Tanpa Petugas Kesehatan
Camat Katang Bidare Safaruddin (baju putih) mengecek Polindes Pulau Bukit yang kosong, belum lama ini.

LINGGA – Pondok bersalin desa (polindes) di Desa Pulau Bukit, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga tanpa petugas kesehatan. Bangunannya kokoh tapi kosong tanpa aktivitas. Camat Katang Bidare Safaruddin yang berkunjung tampak kecewa melihat kondisi tersebut.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga dr Syamsu Rizal mengatakan, penempatan petugas kesehatan di setiap desa merupakan wenang puskesmas setempat.
“Petugas pustu atau polindes, yang mengatur itu adalah puskesmas setempat,” katanya, Sabtu (24/11).

Syamsu Rizal berharap, Camat Katang dapat berkoordinasi dengan pimpinan puskesmas untuk membicarakan soal kondisi tersebut. “Bagaimana pun puskesmas sama dengan kecamatan. Puskesmas juga menganut konsep kewilayahan. Sehingga apa pun yang terjadi di wilayahnya, yang pertama melakukan pelayanan adalah petugas yang ditugaskan di wilayah itu,” ujarnya.

Hasil pertemuan Camat Katang dan puskesmas tersebut akan dilaporkan penanggung jawab program puskesmas ke penanggung jawab program di Dinas Kesehatan.

“Kalau untuk malaria, setiap puskesmas ada penanggung jawab program masing-masing. Kalau pun ada kasus malaria, memang petugas pustu atau polindes yang bertanggung jawab penanganannya,” ucap dia.

Diketahui, hampir satu kampung di Pulau Bukit terserang malaria. Karena ketiadaan petugas di Polindes Pulau Bukit, warga tak bisa berobat. Polindes iini berada di bawah koordinasi Puskesmas Tajur Baru.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com