SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polres Bintan Musnahkan 509 Gram Sabu Hasil Tangkapan Cipkon Ramadan

  • Reporter:
  • Senin, 27 Mei 2019 | 20:01
  • Dibaca : 144 kali
Polres Bintan Musnahkan 509 Gram Sabu Hasil Tangkapan Cipkon Ramadan

BINTAN – Polres Bintan memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 509 gram. Barang bukti ini merupakan hasil pengungkapan tiga orang tersangka dalam Operasi Cipta Kondisi (cipkon) bertajuk Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD) jelang Ramadan 1440 H beberapa waktu lalu.

Kegiatan pemusnahan narkotika jenis sabu ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang yang disaksikan langsung oleh para pimpinan instansi terkait diantaranya, Kejari Bintan Sigit Prabowo, Wakil Ketua PN Tanjungpinang Sumedi, di Mapolres Bintan, Senin (27/5/2019).

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang dalam kesempatan itu menyampaikan, adapun total jumlah BB Narkoba yang dimusnahkan seberat 509 gram, yang berasal dari pengungkapan kasus di dua lokasi TKP yang berbeda yang terjadi di hari yang sama, Kamis (2/5/2019) lalu dalam operasi cipkon.

Boy menguraikan, di TKP pertama di Wisma Nusantara, Kijang, Bintan dengan satu orang tersangka berinisial SY (51) dengan jumlah BB yang akan dimusnahkan seberat 463 gram sabu. Sementara untuk di TKP kedua di depan SMPN 17, Toapaya, Bintan dengan dua orang tersangka masing-masing inisial WRP (30) dan MY (31).

“Pemusnahan barang bukti yang kita lakukan ada dua barang bukti, yang pertama BB milik tersangka SY dengan berat bersih sebanyak 485 gram dan yang dimusnahkan sebanyak 463 gram. Pemusnahan yang kedua milik tersangka WRP (30) dan MY (31) dengan berat bersih sebanyak 70 gram dan yang dimusnakan 45 gram,” terang Boy.

Sebelum dilakukan pemusnahan, kedua paket barang bukti ini sempat diuji keasliannya, dengan menggunakan alat narkotes yang dimiliki oleh Satres Narkoba Polres Bintan dengan cara mengambil sampel dari masing-masing bungkusan paket, yang diujicobakan langsung oleh Kapolres Bintan, Boy Herlambang dan Kejari Bintan, Sigit Prabowo secara bergantian yang bersama-sama disaksikan langsung oleh para awak media.

“Membedakannya, kalau asli cairan bening dalam alat narkotes ini akan langsung berubah warna menjadi biru, saat sabu itu dicampurkan dan dimasukkan ke dalam,” ungkap Boy.

Dan dari pantauan yang terlihat saat pengecekan, kedua sampel yang diambil, dan yang dimasukkan ke alat narkotes langsung membuat cairan bening itu berubah warna menjadi biru.

Usai pengecekan keaslian narkoba itu dilakukan, pemusnahan kemudian dilanjutkan dengan memasukkan semua isi bungkusan paket ke dalam air mendidih yang telah disiapkan di dalam sebuah wadah panci aluminium.

Novel M Sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com