SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Revitalisasi Pelabuhan Macgobar, BP Batam Gelontorkan Rp33 Miliar

  • Reporter:
  • Selasa, 20 Februari 2018 | 16:05
  • Dibaca : 152 kali
Revitalisasi Pelabuhan Macgobar, BP Batam Gelontorkan Rp33 Miliar
Aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Batuampar. Foto Arrazy Aditya.

BATAM – Pelabuhan Macgobar Batuampar segera direvitalisasi untuk mendukung aktivitas bongkar muat logistik material properti. Kantor Pelabuhan Laut (Kanpel) BP Batam menggelontorkan Rp33 miliar untuk pengembangan pelabuhan tersebut.

Kepala Kanpel BP Batam, Nasrul Amri Latif mengatakan dengan pengembangan pelabuhan itu diharapkan dapat meningkatkan kapasitas logistik kapal yang bersandar. Proses revitalisasi pelabuhan ini ditargetkan bisa dimulai tahun ini.

“Salah satu keunggulan Pelabuhan Macgobar berada di teluk, sehingga tidak mudah diterjang ombak. Revitalisasi ini untuk mendukung bongkar muat logistik properti atau real estate,” kata Nasrul, Senin (19/2/2018).

Pengembangan perlu dilakukan, untuk mendukung dan memaksimalkan fungsi pelabuhan bongkar muat yang ada saat ini, karena kondisinya memang dinilai belum memadai. Untuk kategori pelabuhan memang seharusnya ada spesialisasi, terlebih jika tujuannya untuk menekan biaya logistik.

Pelabuhan Macgobar sendiri sebelumnya memang sudah digunakan untuk aktivitas bongkar muat material, hanya saja selama ini tidak terurus dengan baik. Itu sebabnya, BP Batam tengah mendesain ulang pelabuhan yang letaknya sebelah utara dari pelabuhan bongkar muat Batuampar.

“Kalau untuk menekan biaya logistik dari Indonesia ke negara lain, kita perlu meningkatkan skala ekonomi. Kapal sekelas Panama kedepan kita harapkan bisa bersandar di Batam,” ujar dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com