SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ribuan Warga Mulai Tinggalkan Batam

  • Reporter:
  • Sabtu, 9 Juni 2018 | 13:28
  • Dibaca : 131 kali
Ribuan Warga Mulai Tinggalkan Batam
Ilustrasi / TEGUH PRIHATNA

BATAM – Puluhan ribu warga mulai meninggalkan Batam. Sejak dua hari lalu, jumlah pemudik yang melewati Bandara Hang Nadim sudah di atas 9.000 penumpang per hari. Hari ini, diperkirakan akan jadi puncak mudik karena juga bersamaan dengan mudik gratis dengan kapal Pelni.

Sebagian besar para pemudik diperkirakan pulang ke kampung halaman Sabtu (9/6/2018) hari ini, bersamaan dengan mulai libur pegawai negeri sipil (PNS). Sehingga puncak arus mudik terjadi akhir pekan ini.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso mencatat arus penumpang pesawat mengalami kenaikan. Pada Senin (4/6/2018) jumlah penumpang mencapai 8.447 orang, 8.888 penumpang pada Selasa (5/6/2018) dan mencapai 9.259 penumpang pada Rabu (6/6/2018) Sementara Kamis (7/6/2018), jumlah penumpang sudah menyentuh 9.353 orang.

Dengan alasan kepadatan, Suwarso mengimbau calon penumpang datang dua jam lebih awal sebelum keberangkatan. “Biar aman, jangan mepet waktu pesawat mau terbang baru sampai bandara,” tutur dia.

Pantauan SINDO BATAM di Bandara Hang Nadim kemarin, ribuan calon penumpang memadati ruang tunggu. Banyak pemudik memilih pulang dalam waktu yang hampir bersamaan. “Supaya bisa lebih lama di kampung,” ujar Roso, pemudik tujuan Yogyakarta saat ditemui Bandara Hang Nadim, kemarin.

Setali tiga uang, Sofyan, pemudik tujuan Medan juga mudik memakai maskapai penerbangan dari Bandara Hang Nadim. Setelah tugas kantornya selesai kemarin, dia langsung mudik ke Tanjungbalai Asahan, via Bandara Kualanamu, Medan. “Biar cepat sampai, dari Kualanamu ke Tanjungbalai Asahan memakan waktu empat jam lewat jalur darat,” tutur dia.

Sementara PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Batam mencatat jumlah penumpang pada arus mudik pada H-6 sudah mulai ramai. Kenaikan jumlah penumpang antara lain didorong oleh peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh badan usaha milik negara (BUMN). Pelni memprediksi kenaikan penumpang untuk mudik tahun ini sebesar 2 persen.

“Hari ini Sabtu (9/6/2018), jumlah penumpang kapal Kelud tujuan Batam-Belawan mencapai 3.100 orang,” kata Kepala Cabang Pelni Batam, Sugiyanto, Jumat (8/6/2018).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com