SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Rokok Tanpa Cukai Bebas Beredar

  • Reporter:
  • Senin, 12 Februari 2018 | 16:07
  • Dibaca : 1149 kali
Rokok Tanpa Cukai Bebas Beredar
Ilustrasi Foto TEGUH PRIHATNA

SEKUPANG – Rokok tanpa pita cukai semakin banyak beredar di Batam. Padahal BP Batam telah mengeluarkan peraturan kuota pada awal 2017 lalu. Sebanyak 400 juta batang rokok setiap periode enam bulan telah ditetapkan dengan 33 perusahaan kuota rokok tanpa cukai.

Dari jumlah perusahaan tersebut, hanya lima yang berada di Batam, sisanya dari pulau Jawa. Namun demikian, tak diketahui secara rinci berapa kuota yang diperuntukkan bagi rokok dengan pita cukai maupun tanpa pita cukai.

Pantauan SINDO BATAM di sejumlah toko, masih banyak rokok tanpa pita cukai yang diedarkan. Beberapa merk sudah ditetapkan kuota edarnya. Namun untuk merk UN dan ESSE belum ditentukan dan masih banyak di pasaran. “Kami jual karena ada yang mau beli, makannya stok ada terus,” ujar Surinah pemilik warung kelontong di Sekupang, Minggu (11/2/2018).

Dia mengaku mampu menjual satu slop rokok tanpa pita cukai dalam satu minggu, termasuk dengan merk UN dan ESSE. Ia pun mendapatkan rokok-rokok tersebut secara mudah di toko grosir yang ada di Pasar Seiharapan maupun Tiban Centre. “Biasanya ada juga distributor menggunakan motor datang langsung, tapi tak tentu datangnya kapan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com