SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sepanjang Tahun 2018, 130 Hektare Hutan Terbakar

  • Reporter:
  • Senin, 16 April 2018 | 14:04
  • Dibaca : 57 kali
Sepanjang Tahun 2018, 130 Hektare Hutan Terbakar
Petugas memadamkan api yang melahap lahan kosong seluas sekitar dua hektar di kawasan Pantai Stres, Jodoh, terbakar, Rabu (14/2/2018) siang. /TEGUH PRIHATNA

SEKUPANG – Luas lahan hutan yang terbakar di beberapa titik di Kota Batam mencapai 130 hektare memasuki musim kemarau tahun 2018. Penyebab utama seringkali ditimbulkan dari kelalaian dan kesengajaan manusia.

Kepala Manggala Agni Daops Batam, Ikhsan Abdillah mengatakan, luas lahan hutan yang terbakar terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat berkurangnya daerah resapan air.

Dia menjelaskan, hutan yang dipenuhi berbagai macam pohon tak hanya menghasilkan oksigen, namun juga menjadi media resapan air. “Sehingga saat curah hujan sedang tinggi, air dapat diserap oleh pohon-pohon tersebut. Bencana longsor pun dapat dihindari,” ujarnya, Minggu (15/4/2018).

Untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan, pihaknya tak bisa melakukannya sendiri. Ia mengajak masyarakat agar lebih memerhatikan serta peduli terhadap hutan yang ada. Ia pun mengimbau agar masyarakat tak lagi membuka lahan dengan cara membakar pepohonan yang ada. Sebab seringkali api yang awalnya untuk membakar pohon dan lalang di sekitar lahan malah menjalar luas.

“Musim kemarau membuat daun dan ranting pohon menjadi kering dan mudah terbakar. Kami akan rutin patroli di beberapa titik rawan kebakaran,” katanya.

Patroli merupakan salah satu upaya pencegahan yang dilakukan terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Masyarakat pun diajak untuk bersama-sama mencegah karhutla dan mengamankan wilayahnya dampak yang ditimbulkan.

Dengan didukung dua unit mobil pemadam kebakaran dan 30 personel, Manggala Agni Daops Batam diharapkan dapat mencegah serta menanggulangi karhutla di Batam.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com