SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Siapkan Rp10 Miliar Bangun Drainase Tiban Koperasi

  • Reporter:
  • Rabu, 17 Oktober 2018 | 14:09
  • Dibaca : 85 kali
Siapkan Rp10 Miliar Bangun Drainase Tiban Koperasi
Warga Tiban Koperasi mendatangi Kantor BP Batam. /AGUNG DEDI LAZUARDI

SEKUPANG – Permasalahan banjir yang terjadi di Perumahan Tiban Koperasi, Sekupang menjadi perhatian Badan Pengusahaan (BP) Batam. Tahun 2019 mendatang, BP Batam menganggarkan Rp10 miliar untuk pengembangan drainase di sekitar kawasan tersebut.

Deputi Bidang Pengusahan Sarana Lainnya BP Batam Eko Budi Soepriyanto mengatakan, pembangunan drainase di Tiban Koperasi menjadi agenda utama dalam antisipasi terjadinya banjir. Hasil peninjauan tim BP Batam ada saluran air yang menyempit akibat kegiatan pembangunan. Saluran air tersebut juga telah mengalami pendangkalan akibat banyaknya tumpukan lumpur.

“Sehingga saat hujan deras turun saluran air tidak mampu menampung debit air. Maka tahun depan kami akan bangun drainase untuk memperlancar saluran air,” ujarnya di Batam Centre, Selasa (16/10).

Eko menambahkan, untuk mengatasi persoalan banjir juga perlu kerja sama dari warga. Mengingat penyebab banjir yang menimpa warga baru-baru ini, bukan hanya karena kolam retensi ditimbun oleh salah satu pengembang perumahan saja. Tapi, juga ada dampak dari pembangunan sejumlah rumah warga yang berdiri di atas drainase, sehingga berakibat pada penyempitan saluran drainase.

Pihaknya juga sudah melakukan normalisasi di sejumlah titik sekitar kawasan Tiban Koperasi tersebut. Sedangkan untuk kelanjutnya akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang sesuai dengan anggaran yang sudah dialokasikan oleh BP Batam.

“Tim BP Batam sudah turun langsung, memang ada beberapa bangunan permanen yang didirikan di atas saluran air, yang seharusnya sebenarnya tidak boleh. Karena akibatnya, air yang seharusnya mengalir lancar menjadi terhambat dan berbalik mengumpul dan meluap menjadi banjir,” kata Eko. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com