SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Talenta Jadi Ukuran Penerimaan Polri

  • Reporter:
  • Selasa, 26 Februari 2019 | 13:40
  • Dibaca : 534 kali
Talenta Jadi Ukuran Penerimaan Polri
Kapolsek Tebing AKBP Budi Hartono dan jajaran mensosialisasikan penerimaan Bintara Polri melalui Jalur Talent Scouting 2019 di sekolah menengah atas, kemarin. /ricky robiansyah

KARIMUN – Jajaran Kepolisian Sektor Tebing mensosialisasikan penerimaan Bintara Polri melalui Jalur Talent Scouting 2019 di sekolah-sekolah Wilayah Kecamatan Tebing, Senin (25/2) pagi. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring sumber daya manusia berprestasi dan memiliki kualitas yang ingin bergabung menjadi anggota Polri.

Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono mengatakan, program talent scouting ini terdiri dari tiga kategori yakni prestasi, kontribusi dan apresiasi. Menurutnya, untuk prestasi itu terbagi dua jenis antara lain prestasi bidang akademik dan non akademik.

Ia menjelaskan, Prestasi bidang akademik itu yakni yang bersangkutan mendapat peringkat 1 hingga 10 mulai kelas X hingga XII pada sekolah unggulan atau terbaik.

“Ia itu akan dibuktikan dengan rapor kelas X hingga XII,” kata Budi, Senin (25/2).

Lanjutnya, sementara prestasi non akademik itu pernah menjadi juara 1, 2, dan 3 dalam perlombaan atau kompetisi di bidang olah raga, kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi dan agama dalam skala nasional dan internasional.

“Untuk jalur prestasi non akademik ini harus ditandai dengan sertifikat atau piagam, medali penghargaan di bidangnya yang disahkan oleh pejabat yang berwenang,” katanya.

Sedangkan untuk kategori Kontribusi, menurut Budi itu diperuntukkan kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama atau tokoh pondok pesantren dan suku pedalaman yang terbukti konsisten membantu berperan aktif dalam memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat, termasuk pengungkapan kasus menonjol di lingkungannya dan membantu kinerja Polri.

Selanjutnya, kategori apresiasi diperuntukan bagi keluarga anggota Polri yang gugur dalam melaksanakan tugas, sehingga putra atau putrinya dari pernikahan yang sah dapat diberikan apresiasi berupa kesempatan menjadi anggota Polri.

Ia mengatakan, program talent scouting ini diselenggarakan berdasarkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis yang diperuntukkan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat.

“Ada beberapa persyaratan dalam program talent scouting itu diantaranya belum pernah menikah dan berdomisili minimal dua tahun pada saat pembukaan pendidikan di wilayah polda kepri dengan melampirkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga,” katanya.

Budi menyampaikan kepada masyarakat yang ingin anaknya menjadi polisi brigadir melalui jalur talent scouting dan memiliki syarat dapat langsung daftarkan dengan jalur khusus.

“Masyarakat dapat menghubungi Polres Karimun mengenai jadwal pelaksanaannya nanti dan apa- apa saja persyaratan lengkap yang harus dipenuhi. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan kita ini agar putra putri yang memilikibakat sesuai dan cukup syarat dapat masuk menjadi keluarga besar polisi, dan ini kita sosialisasikan ke seluruh SMA di Kecamatan Tebing,” katanya. Ricky Robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com