SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tanjungpinang Butuh Pelabuhan Bongkar Muat

  • Reporter:
  • Rabu, 28 November 2018 | 09:39
  • Dibaca : 182 kali
Tanjungpinang Butuh Pelabuhan Bongkar Muat
Ketua Kadin Tanjungpinang Bobby Jayanto. Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menyambut investor dari Kota Huizhou, China baru-baru ini F Muhammad Bunga Ashab

PINANG – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang meminta Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang agar membenahi infrastruktur untuk meningkatkan investasi. Pembangunan pelabuhan bongkar muat dinilai dapat menarik pengusaha untuk berinvestasi dan menjadi pertimbangan investor menanamkan modalnya di Tanjungpinang.

“Kendala kita untuk menarik investor datang ke Tanjungpinang terkait sarana dan infrastruktur yang tidak memadai di sini. Terutama pelabuhan bongkar muat,” kata Ketua Kadin Tanjungpinang Bobby Jayanto di Tanjungpinang, Selasa (27/11).

Dengan kondisi sarana dan infrastruktur saat ini, kata dia, investasi di Tanjungpinang tidak akan maju. Sebab, investor tidak akan mau berinvetasi tanpa dukungan infrastruktur yang memadai. Dulu, investor tidak mau berinvestasi karena masalah air dan listrik, tapi sekarang karena sarana dan infrastruktur. Menurut dia, kehadiran pelabuhan bongkar muat ini merupakan faktor utama untuk berinvestasi.

“Kalau kita mau bikin pabrik perlu bahan baku atau hasilnya mau diimpor mau dikirim lewat mana. Makanya pelabuhan bongkar muat ini penting, kalau tidak ada akan sulit menarik investor datang ke Tanjungpinang,” ujarnya.

Seharusnya, lanjutnya, Pemko Tanjungpinang dan Pemerintah Provinsi Kepri menggesa pembangunan pelabuhan bongkar muat Tanjungmocco, Dompak. Dengan dibangunnya pelabuhan itu, Bobby meyakini para investor akan ramai datang ke Tanjungpinang.

“Apapun permasalahannya pemerintah daerah harus selesaikan itu pelabuhan Tanjungmocco,” ujarnya.

Kadin terus berupaya dan menyakinkan para investor dari luar negeri agar mau berinvestasi di Tanjungpinang. “Saya rajin sekali mendatangkan investor, sekian banyak yang dibawa hanya dua yang tembus, tapi keduanya gagal karena tidak pelabuhan bongkar muat,” ujarnya.

Baru-baru ini, kata dia, Kadin Tanjungpinang dengan Pemko Tanjungpinang menyambut kunjungan dari Pemerintah Kota Huizhou, China. Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menyambut baik rombongan investor dari China. Syahrul mengatakan, dengan pertemuan ini mudah-mudahan ada tindak lanjut yang dapat dilakukan bersama untuk mewujudkan kerjasama di bidang pertanian dan sebagainya.

“Saya berharap dari Pemko Tanjungpinang, setelah pertemuan ini ada kelanjutan dan keseriusan dari investor untuk berinvestasi di Tanjungpinang,” ujar Syahrul.

Tentunya dengan pertemuan ini dan peluang kerja sama yang baik ini, kata Syahrul, akan ditindaklanjuti agar segera terlaksana. Selain keseriusan investor di bidang pertanian, dia berharap ada investor yang tertarik di bidang perikanan, karena 96 persen wilayah Kepri terdiri dari laut.

“Maka tidak ada salahnya kita menawarkan kepada investor untuk kerja sama di bidang perikanan dan kelautan, tentunya dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri,” ujarnya. muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com