SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tiga Rencana Grab Setelah Akuisisi Uber

  • Reporter:
  • Rabu, 11 April 2018 | 14:52
  • Dibaca : 72 kali
Tiga Rencana Grab Setelah Akuisisi Uber

MENYUSUL pengumuman akuisisi operasional Uber di Asia Tenggara pada 26 Maret silam, Grab Indonesia sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk mitra pengemudi maupun pengguna mereka yang berada di hampir 120 kota di seluruh Indonesia, mulai Aceh hingga Papua.

Sebelumnya Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyebut, pihaknya mengaku bangga karena akuisisi Uber menunjukkan potensi startup di wilayah Asia Tenggara yang luar biasa. “Tahun 2017 adalah meletakkan landasan, sedangkan 2018 menjadi rencana untuk mewujudkan rencana di atas landasan itu,” ungkapnya. Menurut Ridzki, dalam jangka pendek, Grab memiliki lebih banyak mitra pengemudi dan penumpang. Dengan begitu, biaya pelayanan diharapkan dapat menurun. Untuk jangka panjang, Grab menargetkan menjadi mobile platform online to offline (O2O) nomor 1.

“Kami ingin mengatasi kemacetan, inklusi keuangan, dan peningkatan ekonomi,” ujar Ridzki yang menyebut bahwa Grab akan berekspansi ke Grab Food, Grab Express, Grab Pay, dan pengenalan Grab Financial di Indonesia. Berikut adalah strategi Grab Indonesia setelah mengakuisisi Uber:

1. emperbaiki Layanan Akuisisi mitra pengemudi dari Uber ke Grab diharapkan ikut berdampak pada penumpang. Misalnya, waktu tunggu lebih pendek, biaya pelayanan dipangkas, dan lebih cepat menghadirkan layanan baru, misalnya layanan pinjaman.

2. Memuluskan Transisi Uberke Grab Grab mengklaim bahwa 75% seluruh mitra pengemudi Uber di Indonesia telah bergabung ke Grab tiga hari sebelum aplikasi Uber dinonaktifkan di Indonesia. Mereka mengklaim telah menjalankan berbagai inisiatif kesejahteraan pengemudi melalui program Grab Sejahtera, di mana pengemudi Grab mendapat penghasilan rata-rata 34% lebih banyak per jam dibanding upah rata-rata di Indonesia. Mereka juga mempermudah pengemudi Uber di luar Jakarta dan seluruh pengemudi UberX di Jakarta untuk melengkapi formulir pendaftaran Grab secara online tanpa harus datang ke Grab Driver Centre.

3. Memperluas Bisnis Grab mengaku berupaya menciptakan peluang tambahan untuk rekanan merchant dan mitra agen. Akuisisi bisnis layanan pengantaran Uber akan dengan cepat memperluas Grab Food dan menyediakan lebih banyak pekerjaan untuk kurir pengiriman barang dan mendukung UMKM lokal. Grab juga akan menjajaki diperkenalkannya Grab Financial di Indonesia yang mencakup pembayaran mobile, micro-financing , asuransi, dan layanan keuangan lainnya.

Danang arradian

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com