SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tim Robot Politeknik Masuk Empat Besar

  • Reporter:
  • Selasa, 1 Agustus 2017 | 12:44
  • Dibaca : 468 kali
Tim Robot Politeknik Masuk Empat Besar

BATAM KOTA – Tim robot sepakbola Politeknik Negeri Batam (Barelang FC) mengukir sejarah dalam Kejuaraan Sepakbola Robot Dunia (RoboCup) 2017 yang diselenggarakan di Kinjo-futo, Nagoya, Jepang pada 27-30 Juli lalu. Meskipun baru pertama kalinya bermain di ajang RoboCup untuk kategori Humanoid Kid Size, Barelang FC mampu menembus babak semifinal kejuaraan bergengsi tingkat internasional tersebut.

Tim robot yang beranggotakan 6 mahasiswa yakni Hanjaya Mandala, Reno Saputra, Fadhlul Azmi, Akhbar Ferdeansyah, Gobar Bethara, Karen Paulus membawa 5 robot dengan kemampuan bermain sepakbola di atas lapangan rumput sintetis. Kelima robot merupakan hasil riset dan buatan tim di bawah bimbingan Eko Rudiawan, Susanto, Hendawan Soebhakti dan Nur Rafia Dija.

“Tim bertolak dari Batam pada tanggal 23 Juli yang lalu. Barelang FC berangkat menuju Jepang dengan tekad mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia,” kata Muslim Ansori, Pembantu Direktur III bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama.

Bersama ofisial dari manajemen Politeknik Negeri Batam, Official Referee Indonesia, dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Barelang FC mendarat di Chubu Centrair International Airport, Nagoya, Jepang pada 24 Juli lalu. Robocup 2017 merupakan ajang piala dunia sepakbola robot yang digelar setiap tahun.

Setiap tim harus membuat robot yang dapat bermain sepak bola tanpa dikendalikan (autonomous) dan memiliki kemampuan berkoordinasi antar robot untuk mengatur strategi permainan secara otomatis.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com