SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

UMS 2019 Anambas Disepakati Rp3,4 Juta

  • Reporter:
  • Selasa, 18 Desember 2018 | 15:45
  • Dibaca : 152 kali
UMS 2019 Anambas Disepakati Rp3,4 Juta
Ilustrasi /TEGUH PRIHATNA

ANAMBAS – Upah Minimum Sektoral (UMS) di Kabupaten Anambas disepakati antara Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3s) dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Anambas di angka Rp3,417 juta. Angka ini mengalami kenaikan Rp162 ribu jika dibandingkan UMS tahun 2018.

“UMS tahun 2018 Rp3,255,000. Artinya ada mengalami kenaikan Rp162,000 untuk UMS tahun 2019 mendatang,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Yunizar, Senin (17/12).

Yunizar menambahkan, pembahasan UMS dilakukan di Sentul Bogor, Jawa Barat, bersama SBSI, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Anambas dan K3s. Menurutnya, pembahasan UMS tahun 2019 tersebut berjalan lancar.

“Pembahasan dilakukan pada Jumat (14/12/2018) lalu di Bogor, dan pembahasannya tidak sampai alot. Nanti hasil kesepakatan ini akan kami sampaikan kepada Pak Bupati dan diteruskan kepada Pak Gubernur Kepri,” katanya.

Sementara SBSI Kabupaten Anambas mengusulkan kenaikan UMS tahun 2019 naik 11 persen dari tahun ini. Usulan tersebut disampaikan saat pembahasan upah bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas dan perusahaan.

Ketua SBSI Kabupaten Anambas Rodi Hartono mengatakan, usulan tersebut berbeda dengan usulan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Anambas sebesar 7,5 persen. Sedangkan perusahaan hanya sanggup mengakomodir kenaikan sebesar tiga persen saja.

“Kita dari SBSI mengusulkan 11 persen, kalau dari teman SPSI 7,5 persen sementara perwakilan perusahaan hanya mengakomodir 3 persen saja,” ujarnya.

Menurut dia, usulan yang disampaikan oleh perusahaan migas yang tergabung dalam
Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3s) jauh dari kondisi di lapangan. Ia mengatakan, pembahasan UMS berjalan alot dengan penyampaian argumentasi dari masing-masing perwakilan.

“Biasalah dalam pembahasan pasti ada sedikit perbedaan pendapat. Namun setelah difasilitasi oleh Disnaker akhirnya diperoleh kesepakatan kenaikan 5 persen,” ujarnya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com