SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wisman Butuh Kepastian Keselamatan

  • Reporter:
  • Senin, 4 November 2019 | 11:25
  • Dibaca : 79 kali
Wisman Butuh Kepastian Keselamatan
Ilustrasi /dok tim sar

ANAMBAS – Kepala Kantor SAR Kabupaten Kepulauan Natuna Anambas Mexianus Bekabel mengatakan, setiap daerah terutama daerah yang menjadi tujuan wisatawan mancanegara (wisman) akan membutuhkan Tim SAR. Sebab, mereka sangat mengutamakan keselamatan.

“Biasanya mereka pasti akan menanyakan Tim SAR. Karena jika dibutuhkan dalam keadaan darurat sudah ada Tim SAR yang langsung bergerak,” ujar Maxianus, Sabtu(2/11).

Maxianus Bekabel yang akrab disapa Maxi itu juga menjelaskan, Tim SAR merupakan gabungan dari beberapa instansi mulai dari TNI AU, TNI AL, TNI AD, Kepolisian, Pemda, relawan dan beberapa unsur yang terlibat di dalamnya. Jika ada musibah, maka Tim SAR akan melakukan pertolongan, tentunya kerja sama dengan Tim Penanggulangan Bencana.

“Kita biasanya orang lapangan yang mengedepankan keselamatan orang. Jika terjadi sesuatu maka tim SAR akan bergerak cepat tanpa harus menunggu administrasi. Makanya satuan yang ditempatkan biasanya bisa koordinasi dengan instansi terkait di daerah,” katanya.

Untuk Tim SAR di daerah bisa dilakukan pelatihan guna mengantisipasi adanya musibah maupun bencana alam. Biasanya untuk daerah tertentu yang sangat membutuhkan tim SAR ada pelatihan yang dilakukan minimal 72 jam dan ada beberapa langkah minimal mengetahui teknik dasar SAR.

“Nanti ada sertifikat untuk Tim SAR yang dibutuhkan d isuatu daerah. Termasuk rekan media bisa ikut pelatihan sehingga pada saat ikut meliput ke laut, tahu aturan dan mekanismenya. Jangan nanti kamera jatuh ke kapal sementara orangnya yang jatuh ke laut. Itulah pentinya ada pelatihan,” katanya.

Maxi juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat terutama para nelayan agar mengetahui adanya nomor darurat yang akan dihubungi jika membutuhkan pertolongan dengan nomor 115. Nomor tersebut akan tersambung ke pusat dan pusat akan menyampaikan kepada daerah mana yang membutuhkan pertolongan.

“Jika darurat bisa telepon ke 115 atau 07733211080. Nanti dari pusat akan mengarahkan daerah mana yang meminta bantuan. Misalnya Anambas, maka pos Anambas sudah stanby dan bisa langsung memberikan pertolongan,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com