Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Apa artinya penarikan Rusia dari Kherson?

Apa artinya penarikan Rusia dari Kherson?

Rusia menyatakan pasukannya Penarikan dari Kherson, Ukraina selatan, beberapa hari setelah Ukraina membuat keuntungan yang signifikan di wilayah tersebut. Keputusan Rusia tampaknya mewakili perubahan besar dalam mendukung Ukraina dalam perang yang dimulai pada Februari tahun ini.

Jenderal Sergei Surovkin, komandan pasukan Rusia, mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan televisi bahwa “diusulkan untuk mengambil pertahanan di sepanjang tepi kiri (timur) Sungai Dnipro … untuk melestarikan hal yang paling penting – kehidupan tentara kita, dan, secara umum, keefektifan tempur kelompok pasukan tanpa. Akan bermanfaat untuk menjaga mereka di tepi kanan di area terbatas.”

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu muncul dalam video sebagai setuju dengan penilaian Jenderal Sorovikin, mengarahkannya untuk “melanjutkan penarikan pasukan dan [to] Ambil semua tindakan untuk memindahkan pasukan ke seberang sungai.”

Kherson terletak di tepi kanan (barat) Sungai Dnipro sebelum jatuh langsung ke Laut Hitam, utara Krimea. sungai UkrainaIni adalah yang terpanjang dan terpanjang keempat di Eropa setelah Volga, Danube dan Ural, dan membagi negara secara kasar menjadi dua saat menyusuri Kyiv, Kremenchug, Dnipro, Zaporizhia, dan Kherson.

Apa yang dimaksud dengan penarikan Rusia dari Kherson?

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa pengumuman – yang datang tak lama setelah seorang pejabat penting yang ditunjuk Rusia di Kherson, Kirill Strimosov, tewas dalam kecelakaan mobil – adalah “bukti fakta bahwa mereka memiliki beberapa masalah nyata, Rusia, Rusia, dan Rusia. tentara.”

Namun pihak Ukraina sendiri tetap skeptis, waspada terhadap motif di balik pengumuman Rusia tersebut. “Ada banyak kegembiraan di ruang media hari ini, dan jelas alasannya,” kata Presiden Volodymyr Zelensky. Tapi emosi kita harus ditahan. Musuh tidak memberi kita hadiah.”

READ  Bank dan negara menjanjikan lebih dari $9 miliar untuk membangun kembali Pakistan setelah bencana banjir | pembangunan global

Penasihat Zelensky, Mikhailo Podolyak, mengatakan di Twitter: “Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Kami tidak melihat tanda-tanda Rusia meninggalkan Kherson tanpa perlawanan. Bagian dari kelompok ru dipertahankan di kota, cadangan tambahan dimuat ke wilayah tersebut. Ukraina membebaskan wilayah berdasarkan intelijen data, bukan data televisi yang dibuat-buat.”

The New York Times mengutip seorang pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa “dengan mundur menyeberangi sungai, Rusia berusaha mempertahankan kekuatannya – dan kemampuannya untuk bertempur di hari lain.” Laporan New York Times mengatakan Ukraina juga memperingatkan bahwa Rusia mungkin berusaha berpura-pura mundur dengan harapan menyeret Ukraina ke pertempuran perkotaan.

Volodymyr Fesenko, kepala Penta Center independen di Kyiv, mengatakan kepada AP, “Jika Rusia meninggalkan Kherson, Kremlin akan menghadapi gelombang kritik keras lainnya terhadap kepemimpinan militer dan otoritas secara umum dari kalangan ultra-nasionalis.”

Fesenko mengatakan negara-negara seperti China dan India akan menafsirkan ini sebagai tanda kelemahan Kremlin. “[Vladimir] Putin akan menghadapi kerugian reputasi tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di mata China, dan ini bisa sangat berbahaya bagi Kremlin.

Mengapa kontrol Kherson penting?

Kherson menempati posisi strategis penting di dekat muara Sungai Dnipro. Berbatasan dengan Krimea, yang dikuasai Rusia sejak 2014. Sebuah laporan Reuters mencatat bahwa kota itu, yang didirikan oleh Permaisuri Catherine yang Agung pada abad ke-18, juga merupakan hadiah simbolis – dan bahwa penarikan Rusia datang hanya beberapa minggu kemudian. . Ini menyatakan bahwa kota (dan wilayah Ukraina lainnya) akan menjadi bagian dari Rusia “selamanya”.

READ  Sinyal kesadaran pertama: Dewan Keamanan PBB mengabaikan referensi Taliban tentang terorisme

Rusia menduduki Kherson pada hari-hari awal perang. Sebuah laporan Reuters mencatat bahwa itu tidak hanya merupakan jembatan darat yang sangat penting secara strategis, tetapi bahwa kanal dari Dnipro merupakan sumber air tawar yang penting, dan telah ditargetkan oleh kedua belah pihak untuk memutus sumber daya dari yang lain.

Kherson juga merupakan satu-satunya ibu kota regional yang direbut oleh pasukan Rusia sejak invasi pada 24 Februari – kehilangannya akan menjadi pukulan besar.

Analis militer Ole Zhdanov mengatakan kepada Reuters bahwa tepi kanan (barat) penting bagi kedua belah pihak – untuk (Rusia) untuk memastikan stabilitas pertahanan arah Zaporizhzhya, dan untuk (Ukraina) untuk membebaskan arah ini dan memotong tiga arteri penting ini : jalur darat ke Krimea dan perairan ke semenanjung Krimea dan merebut kembali (pembangkit nuklir) ”. Kota Zaporizhzhia, yang memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir, terletak di timur laut Kherson, di hulu Sungai Dnipro.