Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Apa bulu di dalam pusar ini? Mari kita lihat benderanya.

S: Saya telah memperhatikan hal-hal di dalam pusar saya dari waktu ke waktu. Apa itu, dan seberapa sering saya harus membersihkannya?

A: Ada banyak ilmu pengetahuan yang dikhususkan untuk topik yang tampaknya tidak penting tentang apa yang ada di pusar kita.

Seorang ilmuwan pemberani Analisis bulu pusarnyaGeorg Steinhauser dari Universitas Teknologi Wina di Austria mengumpulkan 503 potongan pusar selama tiga tahun. Setelah dilakukan analisis awal, ternyata bulu pusar mengandung debu rumah, sel kulit, dan keringat, selain serat baju.

Setelah penyelidikan lebih lanjut (dan tidak diragukan lagi menyenangkan) terhadap teman, keluarga, dan koleganya, dia menyimpulkan bahwa rambut perut merupakan prasyarat untuk penumpukan serat pusar dan bahwa kemeja atau kemeja lama cenderung tidak menghasilkan bulu dibandingkan pakaian baru.

Ilmuwan itu bahkan mencukur perutnya untuk memastikan hipotesis bulu perutnya.

Steinhauser berspekulasi bahwa orang yang mengumpulkan serat pusar mungkin memiliki lebih banyak pusar yang sehat daripada mereka yang tidak karena semua sampah berlebih tersapu oleh serat alih-alih menempel di kulit. Tetapi pada bagian pembersihan dari pertanyaan: Anda disarankan untuk membersihkan pusar Anda seperti yang Anda lakukan pada bagian kulit lainnya.

Selain bulu perut dan pakaian baru, ada beberapa faktor lain yang menentukan mengapa dan bagaimana sampah menumpuk di pusar Anda.

Carl Kruszelnicki dari University of Sydney, Australia, mensurvei 4.799 orang dan mencatat bahwa menjadi laki-laki, memiliki “batin” daripada “luar” dan menjadi tua semuanya terkait dengan mengumpulkan lebih banyak ketombe. Karyanya adalah salah satu pemenang dari Hadiah Nobel Ig 2002yang diberikan untuk pencapaian ilmiah yang lucu.

Sebagai bukti lebih lanjut bahwa pengejaran pengetahuan tanpa pamrih sejati tidak memiliki batas, pada tahun 2018 seorang insinyur mesin dari Indian Institute of Technology Patna Dia memutuskan dia akan mengajukan pertanyaan yang benar-benar sulit: Apa fisika di balik produksi serat dari pusar, dan mungkinkah itu model matematika?

READ  Asteroid besar 7335 (1989 JA) terbang di dekat Bumi pada 27 Mei

Dia menentukan bahwa rambut tubuh bekerja secara mikroskopis seperti gigi gergaji untuk menghilangkan serat serat dari kain selama gerakan siklus siklus pernapasan kita — menarik dan menghembuskan napas — saat baju kita terus-menerus bergesekan dengan perut kita. Karena rambut di area tersebut cenderung melengkung ke arah cekungan umbilikus, serat-serat tumpukan yang melekat padanya berjalan jauh ke dalam umbilikus, akhirnya kehilangan kontak dengan kain.

Saat ketombe terus mengalir, itu mengganggu keringat dan sel-sel kulit, dan hasilnya adalah massa bulu yang bagus dan padat yang menumpuk dengan presisi matematis. Itu mulai linier, lalu tumbuh kuadrat dari waktu ke waktu, jika Anda harus tahu.

Anda mungkin tidak mengumpulkan serat di pusar Anda, tetapi Anda menemukan kotoran dari waktu ke waktu. Ini juga normal, terutama dengan “anak laki-laki” yang menganggap perut sebagai celah kecil dengan beberapa lipatan kecil kulit yang sempurna untuk memerangkap minyak dan keringat. Infeksi jarang terjadi, tetapi jika Anda merasakan nyeri atau keluarnya cairan dari area tersebut, bicarakan dengan dokter Anda.

Beberapa penelitian telah meneliti mikroorganisme pada dan di dalam pusar Kotoran rahasia yang sebagian besar terdiri dari sel kulit mati. Jenis kotoran rahasia yang paling umum adalah corynebacteriumIni adalah mikroba yang umumnya tidak berbahaya yang ditemukan berlimpah di area tubuh lain seperti hidung dan ketiak.

Apa yang saya ingin pasien saya ketahui

Ritual pembersihan diri mana yang kita masing-masing anggap paling “sehat” berbeda. Dari sudut pandang medis, kita semua dapat menyetujui praktik-praktik tertentu seperti membersihkan kotoran atau kotoran yang terlihat, atau mencuci tangan saat menyiapkan makanan atau setelah menggunakan toilet. Namun, frekuensi mandi atau berendam lebih bersifat subyektif. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter Anda.

READ  Angsa di Danau Eola dinyatakan positif di tengah kematian

Temui dokter: Trisha S.

Tanya Dokter: Apakah Anda memiliki pertanyaan kesehatan? Kami akan mencari pakar yang tepat untuk menjawabnya.

Mendaftar untuk buletin Well + Being, sumber saran ahli dan tip sederhana untuk membantu Anda hidup dengan baik setiap hari